Ini Bus Hino AK 240 Bagasi Space Frame, Solusi Berbagai Kebutuhan Transportasi

Bus Hino AK 240 dengan bagasi space frame di GIIAS 2024 - dok.HMSI

Jakarta, Mobilitas – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) memamerkan bus dengan space frame alias bus yang memiliki area kargo di rangka belakang untuk bagasi yang lebih luas.

Keterangan resmi PT HMSI yang diterima Mobilitas di Jakarta, Sabtu (20/7/2024) menyebut bus itu menggunakan chassis bus beermesin depan Hino AK 240. Bus tersebut milik Perusahaan Otobus (PO) Bagong yang tengah dipamerkan di hajatan GIIAS 2024.

“Bus ini hadir dengan berbagai keunggulan yang menjadikannya solusi ideal bagi bisnis transportasi antar kota antar provinsi, antar kota dalam provinsi, serta bus pariwisata,” bunyi keterangan terssebut.

Dengan bagasi yang besar uitu, maka bus bisa memuat lebih banyak barang dalam satu kali perjalanan jarak jauh maupun saat perjalanan wisata. “Sehingga mengurangi kebutuhan untuk pengangkutan tambahan, menurunkan biaya operasional, dan meningkatkan efisiensi bisnis,” ujar Sales Director PT HMSI, Susilo Darmawan.

Bagasi tembus pandang (samping kanan dan kiri) di bus Hino AK 240 Space Frame milik PO Bagong – dok.HMSI

Bus ini mengusung mesin Euro 4 yang berteanaga 240 PS hanya menyuguhkan performa handal dan ramah lingkungan. Dia dilengkapi transmisi MX06 enam tingkat percepatan.
Bus yang ber-GVW (Gross Vehicle Weight) 15 ton ini dipastikan mampu menghadapi berbagai medan dan kondisi jalan. Namun, konsumsi bahan bakatnya tetap efisien dengan tingkat emisi yang rendah.

Susilo Darmawan menegaskan Hino AK 240 ini juga dilengkapi sistem pengereman full air brake yang meningkatkan aspek keselamatan saat beroperasi. Sistem pengereman ini menggunakan udara bertekanan untuk menghasilkan gaya pengereman yang responsif, sekaligus memastikan operasional yang lebih aman.

Selain itu bus ini menggunakan baut roda sistem ISO-10 yang sesuai dengan standar internasional. “Ini memberikan ketenangan pikiran bagi pengemudi karena komponen bus dirancang untuk memenuhi standar keselamatan yang mumpuni,” jelas Susilo. (Anp/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id