Bisnis

Mau Nambah Dua Model Lagi, Ternyata Begini Penjualan Ford di RI Saat Ini

×

Mau Nambah Dua Model Lagi, Ternyata Begini Penjualan Ford di RI Saat Ini

Share this article

Jakarta, Mobilitas – Seperti diketahui, Ford Motor yang telah hengkang dari Indonesia pada tahun 2016, telah secara resmi kembali berjualan mobilnya lagi di Tanah Air dengan diageni RMA Group. Sebelumnya, grup ini hanya menjadi agen layanan purna jual mobil Ford di Indonesia setelah pabrikan asal Amerika Serikat itu hengkang.

Sampai awal 2025 ini, Ford menyuguhkan pilihan tiga model mobilnya untuk konsumen di seluruh nusantara. Mereka adalah Ford Everest, Ford Ranger, Ford Ranger Raptor, tetapi pada tahun 2025 ini jumlah varian model tersebut akan ditambah.

Hal itu diungkap oleh Country Manager RMA Indonesia Toto Suharto kepada media di Jakarta, Senin (10/3/2025) lalu. Meski tak menyebut jatidiri model yang akan diluncurkan tersebut, Toto menyebut jumlahnya dua model.

“Setidaknya, minimal dua model baru yang akan diluncurkan. Ini untuk merespon ketertarikan konsumen ke model-model yang pernah dipamerkan sebelumnya,” kata dia.

Namun, lagi-lagi, Toto tidak menyebutkan jadwal peluncuran dan hanya menyatakan kegiatan peluncuran akan dilakukan setelah Lebaran 2025. Lantas penjualan mobil Ford di Indonesia hingga saat ini.

Ford Everest Platinum – dok.Istimewa

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Senin (17/3/2025) menunjukkan, sepanjang Januari – Oktober 2024 lalu Ford Motor melalui RMA Group meraup angka penjualan dari pabrik ke dealer (wholesales) sebanyak 677 unit. Pada kurun waktu yang sama, angka penjualan dari dealer ke konsumen (penjualan ritel) yang dicetaknya mencapau 687 unit.

Sementara, di tahun 2025 ini, pada periode Januari – Februari, Ford Indonesia mengemas angka wholesales sebanyak 102 unit. Jumlah ini anjlok hingga 37,4 persen dibanding total wholesales selama periode sama di tahun 2024.

Sedangkan total angka penjualan ritel yang berhasil diseroknya 121 unit. Total angka penjualan ke konsumen ini anjlok 20,4 persen dibanding total penjualan ritel yang berhsil dibukuknnya pada Januari – Februari 2024. (Din/Aa)

 

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id