Jakarta, Mobilitas – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya mengumumkan harga Suzuki Grand Vitara.
Pengumuman dilakukan di hajatan Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (10/3/2023). SUV kompak ini dibanderol Rp 359,4 juta hingga Rp 387,4 juta. Rincianya Rp 395,4 juta untuk tipe GL AT, Rp 384,4 juta untuk tipe GX AT serta Rp 387,4 juta untuk tipe GX AT Two Tone.
Meski baru saja harganya diumumkan setelah sebelumnya diperkenalkan di hajatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 pertengahan Februari lalu, namun SUV ini diklaim telah diminati konsumen.
“Saat di IIMS kemarin sudah ada 30 orang yang menyatakan berminat untuk membeli. Padahal, saat itu harga belum diumumkan,” klaim 4W Sales Director PT SIS, Donny Saputra, di arena GJAW, Jakarta, Jumat (10/3/2023).
Generasi kelima dari SUV yang terakhir kali dijajakan di Indonesia pada tahun 2018 (dan mulai dijual 2006) itu, saat ini diimpor dari India secara utuh. Dia dibekali teknologi pintar bernama Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).
Mobil yang dilabeli sebagai city cruiser ini mengusung mesin 1.5 liter berkode K15C Dual Jet plus SHVS yang bertenaga 103,06 PS pada 6.000 rpm dengan torsi sebesar 136,8 Nm pada 4.400 rpm. Penyaluran tenaga ke roda menggunakan transmisi otomatis 6 tingkat percepatan yang berteknologi paddle shift di lingkar kemudi.
Namun dari penelisikan Mobilitas ke perbandingan dengan SUV lain yang menjadi pesaingnya, tenaga ini ternyata menjadi kelemahan Suzuki Grand Vitara dibanding para pesaingnya. Karena semburan tenaga itu lebih lemah.
Tenaga itu lebih lemah dibanding semburan tenaga yang dihasilkan Hyundai Creta, yang mencapai 115 PS pada 6.300 rpm dan torsi 143,8 Nm pada 4.500 rpm. Dia juga lebih lemah dibanding Honda HR-V yang mesinnya sanggup memproduksi tenaga hingga 121 PS pada 6.600 rpm dengan torsi 145 Nm pada 4.300 rpm.
Bahkan semburan tenaga Suzuki Grand Vitara juga kalah sangar dibanding semburan tenaga dari mesin SUV pendatang baru Wuling Alvez. SUV merek asal Cina ini bertenaga 105 PS pada 5.800 rpm dengan torsi 143 Nm pada 4.000 – 4.600 rpm.
Kelemahan kedua adalah absennya fitur keselamatan aktif di SUV Suzuki tersebut. Padahal lawannya, Hyundai Creta sudah dimodali Hyundai SmartSense, HR-V dilengkapi Honda Sensing, Wuling Alvez dibekali Advanced Driver Assistance System (ADAS). (Din/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id