Jakarta, Mobilitas – Sepanjang 2022 lalu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) merebut 10,6% pangsa pasar mobil di Tanah Air.
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Kamis (6/4/2023) menunjukkan sepanjang tahun itu 1.048.040 mobil ke diler (wholesales). Jumlah ini naik 18,1% dibanding tahun sebelumnya yang sebanyak 887.202 unit.
Pada saat yang sama, penjualan mobil ke konsumen (ritel) mencapai 1.013.582 unit. Jumlah itu naik 17,4% dibanding penjualan ritel sepanjang 2021, yang mencapai 863.358 unit.
MMKSI juga mematri prestasi ciamik di 2021. Agen pemegang merek mobil Mitsubishi di Indonesia ini menyumbang 12% lebih (terbesar) atau 104.407 unit ke penjualan global Mitsubishi Motors Corporation (MMC).
“Yang sekaligus menjadikan MMKSI sebagai penyumbang terbesar untuk penjualan retail MMC pada skala global,” ungkap Presiden Direktur PT MMKSI periode September 2018 – Maret 2023, Naoya Nakamura, dalam keterangan resmi MMKSI, Rabu (5/4/2023).
Kini, di 2023, saat Gaikindo mematok proyeksi penjualan mobil baru mencapai 975.000 unit, MMKSI merasa terpantik tekadnya untuk terus mempertahankan eksistensi dan prestasinya. Caranya, dengan meningkatkan kualitas baik produk, layanan penjualan, dan purna jual kepada konsumen melalui kompetisi di pasar otomotif nasional.
“Dari sisi produk, seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, kami berencana untuk memperkenalkan SUV kompak baru dalam waktu dekat, pada tahun fiskal 2023 ini. Dengan Mitsubishi XFC Concept sebagai inspirasi utama produk tersebut,” ungkap Presiden Direktur PT MMKSI, Atsushi Kurita, di sela acara Berbuka Puasa Bersama, di Jakarta, Rabu (5/4/2023).
Konsep Mitsubishi XFC sendiri telah diperkenalkan ke publik Indonesia di hajatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, Februari lalu. Bahkan, konsep ini juga sudah diperkenalkan ke publik di sejumlah daerah di Tanah Air.
Hanya, Kurita belum membeberkan spesifikasi maupun kisaran harga dari SUV anyar itu. Dan seiring peluncuran produk baru itu, lanjut Kurita, MMKSI bakal menggelar serangkaian program penjualan menarik, memperbanyak promosi, hingga mengoptimalkan interaksi bersama konsumen.
“Dari sisi penjualan, kami berusaha untuk meningkatkan repurchase order pelanggan kami saat ini dan memaksimalkan follow up terhadap SPK (Surat Pemesanan Kendaraan),” tandas Kurita. (Aa)