Jakarta, Mobilitas – Padahal sepanjang semester pertama 2022, total penjualan ritel mobil Suzuki naik cukup signifikan.
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Rabu (12/7/2023) menunjukkan sepanjang semester pertama atau dari Januari hingga Juni 2021, Suzuki Motors yang diageni PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) membukukan penjualan ke konsumen (penjualan ritel) sebanyak 40.928 unit.
Jumlah ini melonjak dibanding jumlah angka penjualan ritel yang diraupnya selama enam bulan pertama 2020 (dalam suasan pandemi Covid-19) yang sebanyak 34.563 unit,
Total angka penjualan ritel mobil Suzuki kembali menanjak pada semester pertama 2022. Fakta berbicara, PT SIS atau Suzuki Indonesia mendulang angka penjualan ritel sebanyak 41.060 unit di kurun waktu itu.
Tetapi, laju penjualan ritel mobil merek berlambang huruf “S” ini ternyata lemot di Januari hingga Juni atau semester pertama 2023 ini. Fakta berbicara, jumlah mobil Suzuki yang laku diboyong konsumen selama periode itu hanya 41.233 unit.
Dengan kata lain, pertambahan angka penjualan ritel selama enam bulan pertama tahun ini hanya 173 unit dibanding tahun lalu. Padahal, di paruh pertama tahun 2023 ini, PT SIS telah menggelontorkan model anyar dan penyegaran (facelift).
Model versi penyegaran dan model baru itu adalah Suzuki S-Presso dan Suzuki Grand Vitara yang digelontorkan melalui hajatan Indonesia Indonesia Motor Show (IIMS) 2023. Kemudian Suzuki XL7 hybrid, pada 15 Juni lalu. (Din/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id