Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the foxiz-core domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /var/www/vhosts/mobilitas.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 6114

Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the molongui-authorship domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /var/www/vhosts/mobilitas.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 6114
Penjualan Wuling di Cina Ambles 27,4 Persen, Hanya Bertengger di Urutan 13 – Mobilitas.id
Ilustrasi, logo Wuling - dok.Wuling

Penjualan Wuling di Cina Ambles 27,4 Persen, Hanya Bertengger di Urutan 13

Arif Arianto
2 Min Read

Beijing, Mobilitas – Pada semester pertama tahun ini (Januari hingga Juni), penjualan mobil di Cina menanjak 9,8 persen dibanding tahun lalu.

Data Asosiasi Pabrikan Mobil Cina (CAAM) dan Asosiasi Mobil Penumpang Cina (CPCA) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Sabtu (15/7/2023), menunjukkan di rentang Januari hingga Juni tahun ini 13.239.031 mobil terjual di Republik Rakyat Cina. Dari jumlah tersebut, 11.268.023 di antaranya mobil penumpang dan 1.971.008 sisanya merupakan kendaraan komersial.

Pabrikan lokal, yakni Build Your Dream (BYD) masih mencatatkan diri sebagai pabrikan dengan penjualan terbanyak, dengan total 220.600 mobil. Kemudian, pabrikan asal Jerman, Volkswagen, berada di urutan kedua setelah melego 192.070 mobil (meski ambles 16,6 persen dibanding semester I 2022).

Sementara, Toyota hanya bertengger di posisi ketiga. Pabrikan asal Jepang itu menjual 157.068 mobil (ambles 14,2 persen).

Mobil listrik Wuling Hongguang Mini EV – dok.Istimewa

Sedangkan pabrikan mobil asal Guangzhou, yang juga kondang di Indonesia yakni Wuling Motors, hanya berdiam diri di urutan ke-13. Dia membukukan penjualan sebanyak 46.519 unit, ambrol 27,4 persen dibanding periode sama di 2022.

Pabrikan berlambang lima berlian ini berada di belakang pabrikan asal Eropa dan Jepang seperti Audi yang bersemayam di urutan kesembilan dengan penjualan 66.552 unit (ambles 10,8 persen). Lalu, Mercedes-Benz yang menapaki urutan 10 dengan penjualan 60.864 unit (naik 5,7 persen).

Selain itu, Wuling juga di bawah Nissan yang bercokol di urutan 11 dengan penjualan 59.096 unit (ambles 27,2 persen). Begitu pula di bawah BMW yang menduduki urutan 12 setelah menjual 59.038 unit atau naik 1,1 persen dibanding semester I tahun lalu. (Jrr/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id

Share This Article