Jakarta, Mobilitas – Pameran Otomotif Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) resmi mulai digelar hari ini hingga 20 Agustus 2023 di ICE BSD, Serpong, Tangerang.
Ketua Penyelenggara GIIAS 2023 yang juga Ketua III Gaikindo, Rizwan Alamsjah, menyebut ada 49 merek kendaraan bermotor yang berpatisipasi di pameran otomotif ini. Selain itu tiga pabrikan atau merek karoseri, dan 100 merek industri pendukung yang terkait dengan produk otomotif.
Dari jumlah merek kendaraan yang turut serta itu, 29 merek di antaranya merupakan merek mobil penumpang. Mereka adalah Audi, BMW, Chery, Citroen, Mazda, Daihatsu, DFSK, GWM Tank, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Maxus, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Volvo, dan Wuling
Sementara, lima merek kendaraan komersial yang unjuk diri di GIIAS kali ini adalah Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, UD Trucks. Sedangkan 15 merek lainnya adalah, merek sepeda motor, yakni Astra Honda Motor, Aprilia, Benelli, Exotic, Harley Davidson, Ion Mobility, Keeway, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Segway, serta Vespa.
“Ada beberapa hal yang menarik di GIIAS kali ini. Pertama, hadirnya merek-merek baru dan mobil baru yang diluncurkan untuk pertama kalinya di dunia atau world premier. Kedua, gelaran GIIAS 2023 ini abakal lebih banyak pengunjung karena berbeda dengan tahun lalu, tidak ada pembatasan kegiatan masyarakat terkait Covid,” papar Rizwan saat dihubungi Mobilitas di Jakarta, Rabu (9/8/2023) kemarin.
Ketiga, lanjut dia, banyak program-program promo yang ditawarkan baik oleh Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan maupun lembaga keuangan (baik bank maupun lembaga pembiayaan) di hajatan GIIAS 2023 untuk mendukung skema pembelian.
“Selain itu, ada inovasi teknologi kendaraan yang dipamerkan. Tentu ini juga menjadi saran edukasi ke masyarakat di masa transisi menuju era elektrifikasi,” tandas dia.
Adapun tiket GIIAS 2023, bisa didapatkan secara online dan onsite atau di lokasi pameran. Khusus untuk pembelian online, harganya lebih murah, yakni Rp 50 ribu untuk kedatangan weekdays (Senin-Jumat) dan Rp 100 ribu untuk kedatangan weekend (Sabtu-Minggu) dan libur nasional.
Sementara untuk onsite sedikit lebih mahal. Tiket weekdays dijual Rp 70 ribu, kemudian weekend dan libur nasional Rp 120 ribu. Tetapi khusus tanggal 17 Agustus harga yang semestinya Rp 120 ribu didiskon menjadi Rp 78 ribu.
Untuk pembelian tiket secara online bisa dilkukan di aplikasi Auto360 melalui PlayStore atau AppStore. (Opi/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id