Feeder bus Trans Semarang berbasis Isuzu Elf NLR Bix yang karoserinya digarap Adiputro, dipamerkan di GIIAS 2023 - dok.Mobilitas

Feeder Bus Trans Semarang Hasil Garapan Adiputro Mejeng di GIIAS 2023

Arif Arianto
2 Min Read

Tangerang, Mobilitas – Pengoperasian microbus berbasis Isuzu Elf tipe NLR Bix sebagai feeder busTrans Semarang dimulai sejak 2020.

Angkutan pengumpan Trans Semarang itu dioperasikan oleh PT Semarang Pesona Semesta (SPS). Pada saat pertama kali, karoseri microbus tersebut digarap oleh perusahaan karoseri New Armada, Magelang.

“Kami berterima kasih, karena sejak tahun 2022 kemarin, pengerjaan karoseri microbus feeder bus Trans Semarang ini dipercayakan kepada kami,” ungkap Direktur PT Adiputro Wirasejati, Jesse Jethrokusumo, saat ditemui Mobilitas, di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, ICE Serpong, Tangerang, Jumat (12/8/2023).

Sejak tahun 2022 itu pula, hingga Juli tahun 2023 ini sudah 22 unit microbus tersebut yang karoserinya dikerjakan Adiputro. “Feeder bus ini memiliki kapasitas 19 penumpang yang posisi duduknya saling berhadapan sebanyak 19 orang (termasuk di samping pengemudi), dan seorang driver. Jadi total ada 20 orang,” papar Jesse.

Microbus berbasis Isuzu Elf tipe NLR Bix berkaroseri garapan Adiputro yang mejeng di GIIAS 2023 – dok.Mobilitas

Adapun basisnya yakni Isuzu Elf NLR Blx memiliki dimensii panjang 6.170 mm, lebar 1.835 mm dan tinggi 2.170 mm. Namun, untuk tinggi atap dibuat oleh Adiputro sedikit lebih tinggi sehingga memudahkan akses keluar – masuk bagi penumpang.

Untuk fitur standar yang ada yakni AC, entertainment, power steering, reverse parking camera, hingga retracable seat belt tetap dipertahankan. Microbus ini mengusung mesin diesel berkode 4JB1-TC dengan kapasitas 2,8 liter empat silinder segaris.

Semburan tenaganya mencapai 100 PS pada 3.400 rpm dan torsi sebesar 22.5 kgm pada 2.000 – 3.200 rpm. Soal gaya desain karoseri, Jesse mengatakan pihaknya memiliki tawaran rancangan gaya desian yang bukan saja menarik, tetapi juga aman dan nyaman bagi penumpang maupun bagi kendaraan lain di jalan.

“Tetapi kami juga tidak menutup masukan dari customer kami. Intinya, tetapi customized dengan layanan terbaik,” tandas dia. (Swe/Aa)

 

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id

Share This Article