Jakarta, Mobilitas – Bahkan tidak hanya dua SUV itu yang penjualannya ke konsumen (penjualan ritel) merosot, tetapi juga Honda All New BR-V.
Keterangan resmi PT Honda Prospect Motor (HPM) yang diterima Mobilitas di Jakarta, Selasa (20/2/2024) menyebut, sepanjang Januari tahun 2024 ini jumlah mobil Honda yang terjual ke konsumen sebanyak 10.019 unit. “Honda Brio dan Honda HR-V menyumbangkan penjualan tertinggi untuk Honda pada bulan Januari 2024. Kedua model tersebut berkontribusi sebesar 68 persen dari total penjualan Honda,” bunyi keterangan tersebut.
Ternyata, jika dibanding dengan penjualan mobil Honda pada bulan yang sama di tahun 2023 lalu, ternyata total penjualan ritel mobil Honda di bulan Januari tahun ini ambles. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor IndonesiaGaikindo) yang dinukil Mobilitas di Jakarta, Selasa (20/2/2024) memperlihatkan, selisih penjualan di bulan Januari tahun ini dengan Januari 2023 itu bahkan mencapai 999 unit.
Sebab total penjualan ritel yang dibukukan mobil Honda melalui PT HPM pada Januari 2023 lalu masih sebanyak 11.018 unit.
Beberapa model mobil andalan Honda penjualannya anjlok. Honda HR-V misalnya, penjualannya berkurang hingga 731 unit yakni dari 2.355 unit di Januari 2023 menjadi 1.624 unit pada Januari tahun ini. Kemudian Honda WR-V yang di tahun lalu laku sebanyak 1.780 unit, tahun ini hanya terjual 1.460 unit (menyusut 320 unit).
Kemudian All New Honda BR-V yang di Januari tahun lalu masih membukukan penjualan sebanyak 1.490 unit, tahun ini hanya 1.131 unit (berkurang 359 unit). Lalu, Honda CR-V yang di bulan pertama 2023 lalu terjual 399 unit, pada tahun ini hanya 351 unit (berkurang 48 unit).
Berkurangnya penjualan model-model andalan itu juga diikuti beberapa model lainnya. Sementara, model mobil terlaris pada Januari tahun ini masih tetap disandang Honda Brio yang terjual 5.186 unit, meningkat 665 unit dibanding Januari tahun lalu yang total penjualannya sebanyak 4.531 unit. (Din/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id