Roma, Mobilitas – Ferrari dan Lamborghini merupakan merek lokal dengan produk untuk segmen pasar kelas atas dan menjadi dua diantara 53 pabrikan yang menjajakan mobil di Italia.
Data Asosiasi Industri Otomotif Italia (ANFIA) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Kamis (4/4/2024) menunjukkan selama Januari – Maret tahun ini, jumlah mobil yang terjual di Italia mencapai 451.261 unit. Jumlah ini meningkat 5,7 persen dibanding periode sama di tahun 2023.
Menariknya, mobil yang dijajakan di negara berpenduduk 58,94 juta jiwa itu bukan hanya mereka lokal Italia saja atau Eropa semata, tetapi juga dari berbagai negara lain seperti Amerika, Korea, Jepang, dan bahkan Cina.
Sedangkan jumlah model mobil dari berbagai jenis dan kelas yang dijajakan 53 pabrikan, mencapai 211 model.
Sementara di segmen premium di sub-segmen mobil super (super car), dua pabrikan lokal Italia yakni Ferrari dan Lamborghini mencatatkan moncernya penjualan.
Total penjualan keduanya selama kuartal pertama 2024 itu tercatat meningkat alias mendaki. Fakta berbicara, selama tiga bulan pertama 2024 itu total angka penjualan yang diraup Ferrai mencapai 225 unit, meningkat 11,4 persen dibanding tiga bulan pertrama 2023.
Pada saat yang sama, Lamborghini memetik angka penjualan sebanyak 131 unit. Jumlah penjualan ini naik alias mendaki 26 persen dibanding jumlah angka penjualan yang diseroknya pada periode sama di tahun 2023. (Din/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id