New Delhi, Mobilitas – Sepanjang Januari hingga Maret atau kuartal pertama 2024 itu, total penjualan mobil di negara berpennduduk 1,44 miliar jiwa itu tercatat masih meningkat.
Data Asosiasi Industri Otomotif India (SIAM) dan Vahan yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Selasa (9/4/2024) menunjukkan, selama tiga bulan pertama 2024 tersebut 1.135.030 mobil laku terjual di negara itu. Jumlah ini meningkat 11,7 persen dibanding total penjualan yang dibukukan pada periode sama di tahun 2023.
Bahkan selama bulan Maret saja, total angka penjualan mobil yang dicetak oleh seluruh pabrikan di Negeri Sari itu mencapai 369.381 unit. Jumlah ini melonjak 10 persen dibanding angka penjualan yang berhasil mereka raup pada bulan yang sama di tahun lalu.
Pada Januari – Maret 2024 itu, Maruti Suzuki masih bercokol di urutan pertama pada daftar pabrikan dengan penjualan terbanyak. Dia mampu menyerok angka penjualan sebanyak 479.792 unit, melonjak 12,3 persen.
Kemudian Hyundai menjual sebanyak 160.317 unit (meningkat 8,6 persen). Kemudian Tata Motors berada di posisi ketiga setelah berhasil menjual 155.010 mobil (naik 14,9 persen), dan disusul Mahindra yang berhasil melego 126.100 mobil (meningkat 27,1 persen).
Sedangkan urutan kelima ditempati Toyota. Pabrikan asal Jepang itu membukukan penjualan sebanyak 71.616 unit, melonjak 53,8 persen dibanding tiga bulan pertama 2023.
Namun, meski melonjak paling tinggi, penjualan Toyota masih tertinggal jauh oleh Hyundai. (Din/Aa)