Jakarta, Mobilitas – Amblesnya penjualan mobil (baik Jepang maupun Eropa) yang dijajakan perusahaan di bawah Grup Astra itu tidak hanya terjadi dalam penjualan ke dealer (wholesales) saja, tetapi juga penjualan unit dari dealer ke konsumen (penjualan ritel).
Seperti diketahui, merek mobil – yang terdiri dari mobil merek asal Jepang dan Eropa – yang dijajakan perusahaan di bawah Grup Astra terdiri dari Toyota dan Lexus yakni oleh PT Toyota Astra Motor. Kemudian Daihatsu oleh PT Astra Daihatsu Motor, Isuzu oleh PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), PT Astra UD Trucks, dan Peugeot oleh PT Astra Peugeot.
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Minggu (14/4/2024) menunjukkan selama Januari – Maret atau kuartal pertama 2024 ini, dalam wholesales amblesnya penjualan merek asal Jepang yang dijajakan Grup Astra dibukukan oleh Toyota yang mencapai 23,5 persen dibanding januari – Maret 2023. Sedangkan mobil asal Eropa oleh Peugeot yang ambles hingga 67,6 persen.
Sementara dalam penjualan ritel, kemerosotan penjualan paling parah – diantara mobil asal Jepang – dialami oleh Isuzu dengan besaran 18 persen. Adapun mobil Eropa dialami oleh Peugeot yang mencapai 67,7 persen dibanding periode tiga bulan pertama 2023.
Satu-satunya merek yang masih menunjukkan kinerja positif dalam penjualan (baik wholesales maupun ritel) di tiga bulan perdana itu adalah Lexus. Penjualan mobil merek mewah milik Toyota itu meroket pada periode tersebut.
Berikut data wholesales dan penjualan ritel selama Januari – Maret tahun ini dibanding periode sama dari merek-merek tersebut:
Wholesales:
Toyota : 65.655 unit (ambles 23,5 persen)
Daihatsu : 46.003 unit (ambles 15,3 persen)
Isuzu : 6.846 unit (ambles 23,8 persen)
Lexus :683 unit (meroket 172,1 persen)
UD Trucks : 452 unit (ambles 22,7 persen)
Peugeot : 23 unit (ambles 67,6 persen)
Penjualan ritel:
Toyot : 72.970 unit (ambles 9,7 persen)
Daihatsu : 49.147 unit (ambles 14,6 persen)
Isuzu : 6.846 unit (ambles 23,8 persen)
Lexus : 694 unit (meroket 173,2 persen)
UD Trucks : 452 unit (ambles 22,7 persen)
Peugeot : 23 unit (ambles 67,6 persen)
Sumber : Gaikindo, 2024. (Anp/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id