Jakarta, Mobilitas – Jebloknya penjualan Mobil Honda yang dijajakan PT Honda Prospect Motor (HPM) merupakan yang terparah di antara merek lima besar di Tanah Air.
Seperti diketahui sampai saat ini ada lima pabrikan asal Jepang yang menempati urutan nomor satu hingga lima dalam hal penjualan mobil terbanyak di Indonesia, sehingga masyarakat menamainya merek di kelompok lima besar. Mereka adalah Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi, dan Suzuki.
Fakta berbicara, lima pabrikan itu selama periode Januari – Maret atau kuartal pertama tahun 2024 ini membukukan penurunan penjualan. Bahkan, muramnya kinerja itu tidak hanya terjadi dalam hal penjualan unit dari pabrik ke dealer (wholesales) saja, tetapi juga dari dealer ke konsumen (penjualan ritel).
Namun, data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Sabtu (20/4/20249 menunjukkan selama tiga bulan pertama itu, jebloknya wholesales Honda merupakan yang terparah di antara merek lima besar itu. Dengan kata lain, penjualan Honda paling jeblos di antara merek lima besar itu.
Mobil yang dijajakan PT HPM itu hanya meraup angka wholesales sebanyak 28.066 unit, anjlok hingga 40,3 persen dibanding angka wholesales yang dikantonginya pada periode sama di tahun 2023.
Sedangkan angka penjualan ritel yang berhasil diseroknya, hanya 29.744 unit. Jumlah ini ambrol 21,1 persen dibanding total wholesales yang dibukukannya pada periode Januari – Maret 2023.
Sebagai pembanding, berikut data wholesales dan penjualan ritel pabrikan kelompok lima besar selama Januari – Maret 2024, dibanding periode sama di tahun 2023:
Wholesales:
Toyota : 65.655 unit (anjlok 23,5 persen dibanding kuartal I 2023)
Daihatsu : 46.003 unit (anjlok 15,3 persen)
Honda : 28.066 unit (anjlok 40,3 persen)
Mitsubishi : 19.109 unit (anjlok 12,9 persen)
Suzuki : 17.801 unit (anjlok 20,7 persen)
Penjualan ritel:
Toyota : 72.970 unit (anjlok 9,7 persen)
Daihatsu : 49.147 unit (anjlok 14,6 persen)
Honda : 29.744 unit (anjlok 21,1 persen)
Mitsubishi : 19.792 unit (anjlok 16,3 persen)
Suzuki : 18.813 unit (anjlok 16,9 persen)
Sumber : Gaikindo, 2024. (Nis/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id