Pasar Mobil RI di Januari-April 2024 Melambat, Tapi Penjualan MINI Masih Mencuat

MINI Countryman JCW 2024 - dok.BMW Blog

Jakarta, Mobilitas – MINI yang merupakan pabrikan atau merek asal Inggris tetapi kini berada di bawah payung Grup BMW itu mencatatkan ciamiknya penjualan di Indonesia, baik ke dealer (whoiesales) maupun dari dealer ke konsumen (penjualan ritel).

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Sabtu (18/5/2024) menunjukkan selama Januari – April 2024 itu, MINI di Indonesia meraup angka wholesales sebanyak 256 unit. Jumlah ini meningkat 20,2 persen dibanding total angka wholesales yang diseroknya pada periode sama di tahun 2023.

Pada bulan April saja, mobil MINI yang dijajakan melalui BMW Group Indonesia ini mendulang angka wholesales sebanyak 58 unit. Jumlah tersebut melonjak 45 persen dibanding total angka wholesales yang berhasil dikemasnya di bulan yang sama tahun lalu.

Sementara, total angka penjualan ritel yang berhasil dikantongi MINI Indonesia pada catur wulan atau empat bulan pertama 2024 itu sebanyak 263 unit. Jumlah ini tumbuh atau mencuat 25,2 persen dibanding total penjualan ritel yang dicetaknya pada Januari – April 2023.

Logo mobil MINI – dok.Freelogo

Selama bulan April saja, angka penjualan ritel yang berhasil dicomot salah satu merek legendaris di Inggris ini sebanyak 59 unit. Jumlah itu melejit hingga 96,7 persen dibanding total angka penjualan ritel yang berhasil dikoleksiinya pada April 2023.

Kinerja penjualan MINI itu terbilang ciamik. Pasalnya, di saat yang sama pasar mobil Indonesia tengah lesuh darah. Penjualan – baik wholesales maupun penjualan ritel – ambles.

Data berbicara, total gabungan wholesales yang dibukukan pabrikan mobil di Tanah Air selama Januari – 2024 itu hanya 263.706 unit, ambrol 22,7 persen dibanding periode sama di tahun 2023. Adapun jumlah penjualan ritel mobil di periode yang sama ambrol hingga 14,2 persen dibanding periode sama di tahun lalu, totalnya hanya 289.551 unit. (Anp/Aa)