Munich, Mobilitas – Setelah tujuh tahun lalu (tahun 2017) meluncurkan BMW M5 generasi keenam dan mencatatkan prestasi gemilang (memecahkan rekor dunia drifting pada 2018), Baterische Motoren Werke (BMW) AG kini menyodorkan BMW M5 plug-in hybrid (PHEV).
Laporan The Bimmer Forums, Motor 1, dan CAR Magazine yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Rabu (26/6/2024) menyebut versi PHEV dari sedan berpenggerak empat roda (BMW M5) ini dibekali mesin bensin V8 twin turbo. Mesin ini dikawinkan dengan motor listrik pus baterai berkapasitas 8,6 kWh.
Berkat M Hybrid Drive System ini, mobil itu memiliki semburan tenaga hingga 717 PS dengan torsi 1000 Nm. Total semburan tenaga dan torsi ini berasal dari tenaga yang dihasilkan mesin sebesar 585 PS dengan torsi 750 Nm, dan dari motor listrik sebesar 12 PS dengan torsi 250 Nm.
Semburan tenaga itu disalurkan ke roda menggunakan transmisi otomatis tingkat percepatan. Menariknya, jika hanya menggunakan mode berkendara listrik murni alias mengandalkan motor listrik saja, mobil ini mampu berjalan sejauh 69 kilometer (km) dengan kecepatan 140 km/jam.
“Dengan tenaga dan torsi sebesar itu, dia 9BMW M5 PHEV) mampu berakselerasi dari posisi diam (0 kilometer per jam) ke 100 kilometer per jam hanya dalam tempo 3,5 detik,” ungkap sumber di BMW M.
Adapun kecepatan maksimum jika menggunakan sistem hybrid yang disandangnya itu, m5 anyar ini mampu melesat hingga 305 km/jam. Kondisi itu dalam keadaan paket M Driver (yang merupakan opsional) dipasang.
Versi anyar ini dilengkapi suspensi M adaptif yang hadir sebagai standar bersama dengan Integral Active Steering yang mengarahkan roda belakang hingga 1,5 derajat untuk penanganan yang lebih baik pada batas tertent. Dia juga memilik rasio kemudi variabel M Servotronic yang secara otomatis dapat menyesuaikan dengan roda kemudi, tergantung kondisi berkendara.
Mobil ini berbobot 2.445 kilogram dan dibekali rem M Compound. Meski BMW juga memberi pilihan kepada pengemudi yang menyukai pengereman lebih cepat pada batas maksimal yakni rem keramik M Carbon dengan cakram berukuran 16 inci (di roda depan0 sedangkan bagian belakang berukuran 15,7 inci.
BMW melakukan ubahan pada bumper depan dan ujung knalpot quad yang yang mirip diffuser. Sedangkan side skirt yang lebar, aksen hitam yang lebih mengkilap, dan spatbor yang lebih lebar memperkuat kesan garang tampilannya.
Sekadar informasi beberapa waktu lalu, BMW M kedapatan tengah mengetes BMW M5 plug-in hybrid itu di (Anp/Aa)