Daihatsu Gran Max hingga Kini Masih Kuasai Pasar Low Minibus RI

Daihatsu Gran Max Minibus - dok.Astra Daihatsu Motor

Jakarta, Mobilitas – Minibus andalan Daihatsu Motor yang dijajakan PT Astra Daihatsu Motor ini terjual ke dealer (wholesales) terbanyak di antara minibus yang ada di Indonesia.

Meski selama lima bulan pertama atau periode Januari hingga Mei tahun 2024 ini, penjualan unit Daihatsu Gran Max minibus tercatat melorot 5,1 persen dibanding periode sama di tahun 2023.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan di pasar wholesales selama Januari – Mei 2024 itu Daihatsu Gran Max minibus mengemas angka penjualan 3.946 unit. Dengan jumlah ini, dia bertengger di urutan pertama dalam daftar penjualan minibus di Tanah Air.

Suzuki APV yang dijajakan PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) berada di urutan kedua, namun dengan selisih penjualan yang jauh di bawah minibus Daihatsu itu. Suzuki APV hanya meraup angka wholesales sebanyak 1.194 unit, naik 2,8 persen dibanding angka wholesales yang diseroknya pada periode sama di tahun lalu.

Suzuki APV  – dok.Istimewa via Suzuki

Kemudian saudara Gran Max, yakni Daihatsu Luxio berada di urutan ketiga setelah berhasil memetik angka wholesales sebanyak 976 unit (anjlok 40 persen dibanding periode Januari – Mei 2023). Dia disusul Wuling Formo yang mengantongi angka wholesales 301 unit, anjlok 67,6 persen.

Kinerja penjualan Wuling Formo masih lebih baik dibanding DFSK Gelora yang hanya memetik angka wholesales sebanyak 71 unit. Jumlah penjualan unit DFSK GElora ke dealer ini ambles 39,3 persen dibanding lima bulan pertama 2023. (Swe/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id