Laura Hayes, Pembalap Wanita Tercepat di Laga Balap Mendaki Bukit PPIHC

Laura Hayes - dok.PPIHC

Colorado, Mobilitas – Perempuan yang lahir di Wilton, California, Amerika Serikat, 15 Maret 1990 itu berhasil mencatatkan waktu 10:20.487 (sepuluh detik dua puluh menit lebih) di lomba balapan hillclimb di Colorado, Amerika Serikat itu.

Laporan Forbes dan The Fox Sports yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Selasa (2/6/2024) menyebut perempuan yang memulai karir balapnya di usia delapan tahun itu, menjadi juara di kategori Trofi Pikes Peak GT4 Yokohama.

Dia berhasil mengungguli Nuno Caetano yang menunggangi Porsche 718 GT4 RS Clubsport yang mencetak waktu 10:23.000 dan berada di urutan ketiga. Laura juga jauh lebih cepat ketimbang Rob Holland yang mengendarai Porsche 718 GT4 RS dengan waktu 10.56.800 dan bertengger di urutan ketiga.

Dengan kemenangan ini, Laura yang juga pembalap Thunder Bunny Racing berhasil menyelesaikan pendakian dengan Toyota Supra GT4 EVO yang bermesin 3.0 liter turbocharged. Mobil ini dilengkapi transmisi tujuh tingkat percepatan.

Laura Hayes yang menjadi sampul Majalah SportsCar – dok.X.com

Keberhasilan mendaki bukit yang terjal sepanjang 12,42 mil itu menjadikan Laura sebagai pembalap wanita tercepat dalam mendaki Pikes Peak Hill Climb. Bukan hanya di tahun 2024 saja, tetapi juga dalam lomba balapan yang juga disebut sebagai The Race to the Clouds dan digelar pertama kali pada tahun 1916 oleh Spencer Penrose tersebut.

Saat dinyatakan menang, Laura mengaku tak percaya dengan hasil itu dan menjadi wanita terpcepat di laga balap tersebut. Dalam postingan di akun media sosialnya yang disitat Mototrend, Laura mengaku seperti mimpi.

“Saya tidak percaya menjadi wanita tercepat yang mendaki Pikes Peak Hill Climb dalam sejarah. Saya harap in membawa inspirasi bagi setiap perempuan di luar sana yang ingin mengejar impian mereka, bahkan tidak hanya dalam balapan. Ini adalah sebuah kehormatan, saya bangga bersama tim,” papar dia.

Sekadar informasi, sejak memulai karir balapan hingga kini, Laura telah berhasil mencatatkan 100 kemenangan. (Swe/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id