Enrico Cardile, Pakar Aerodinamika F1 Ferrari Ini Kini Pilih Tim Aston Martin

Enrico Cardile - dok.Pole Position

Maranello, Mobilitas – Pria kelahiran Arezzo, Italia, 5 April 1975 ini mulai bergabung dengan Ferrari pada tahun 2025.

Laporan Planet F1 yang disitat Mobilitas di Jakarta, Selasa (9/7/2024) menyebut Cardile bergabung dengan Tim Scuderia Ferrari (Tim Formula 1 Ferrari) pada tahun 2016. Awalnya, di mengepalai divisi pengembangan aerodinamika mobil balap milik merek berlambang kuda jingkrak tersebut.

Di bagian itulah, kepakaran Cardile terlihat sangat menonjol. Sehingga, alumni University of Pisa Italia ini dipercaya mengemban jabatan Direktur Teknik Area Sasis di Tim tersebut. Jabatan itu diembannya hingga dia menyatakan mengundurkan diri.

Tim Scuderia Ferrari telah mengonfirmasi pengunduran diri Cardile itu. Sebagai gantinya, Tim menunjuk Frederic Vasseur, yang tak lain adalah Kepala Tim F1 Ferrari.

Enrico Cardile saat memberi keterangan pers – dok.TheRace.com

“Setelah hampir dua dekade bersama Ferrari, Cardile telah mengajukan permohonan pengunduran diri. Oleh karena itu, dengan segera, dan sebagai tindakan sementara area pengembangan sasis akan diawasi oleh Kepala Tim, Frederic Vasseur,” bunyi pernyataan Ferrari.

Sementara itu, laman The Race yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Selasa (9/7/2024) menyebut, kepergian Cardile merupakan pukulan telak bagi Tim Ferrari yang saat ini masih dibelit masalah sulit dalam beberapa seri balap di beberapa musim terakhir. Terlebih, Cardile merupakan sosok pilar bagi tim karena menangani aspek penting yakni aerodinamika dan sasis.

“Desas-desus tentang kepergian Cardile (dari Ferrari) ke Aston Martin sejatinya telah muncul sejak beberapa waktu lalu. Dan Cardile bisa menjadi Chief Technical Officer (Aston Martin) yang baru, menggantikan Direktur Teknis saat ini, Dan Fallows,” tulis media itu. (Swe/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id