Dijual Mulai Tahun 2025, Konsep Honda Prelude Hybrid Mejeng di Festival Goodwood

Honda Prelude Concept - dok. Honda Motor

Jakarta, Mobilitas – Honda Motor Company (HMC) menghadirkan konsep Honda Prelude berteknologi hybrid di Goodwood Festival of Speed.

Keterangan resmi HMC melalui PT Honda Prospect Motor (HPM) yang diterima Mobilitas di Jakarta, kehadiran konsep Honda Prelude generasi anyar di West Sussex, Inggris Raya itu sekaligus menandai 25 tahun eksistensi dan konsisten Honda dalam menghadirkan produk berteknologi hybrid.

“Mobil ini diharapkan dapat menghadirkan keseimbangan yang sempurna antara kenikmatan berkendara dan efisiensi bahan bakar yang luar biasa,” bunyi keterangan itu.

Di hajatan yang berlangsung 11-14 Juli 2024 tersebut konsep Honda Prelude hybrid hadir di hadapan publik untuk kedua kalinya. Sebab, pertamakali diperkenalkan di hajatan Japan Mobility Show 2023.

Rencananya, generasi terbaru dari Honda Prelude – yang hadir pertama kali di kawasan Eropa 45 tahun lalu – itu bakal diproduksi dan dijual secara resmi pada tahun 2025.

Tampilan bagian belakang Honda Prelude hybrid – dok.Honda Motor

“Honda Prelude generasi terbaru tidak hanya menandai babak baru dalam perjalanan pengembangan produk hybrid kami yang terus berkembang,” ujar Chief Engineer dan Large Project Leader Honda Motor, Tomoyuki Yamagami.

Namun, lanjut Yamagami, model itu juga sekaligus mempertahankan DNA ‘sporty’ Honda dengan memadukan secara sempurna antara efisiensi dan keunggulan lingkungan. “Yaitu dari berkendara elektrifikasi dengan pengalaman berkendara yang menyenangkan, membebaskan pengguna dari kehidupan sehari-hari,” tandas dia.

Honda Motor menegaskan, Honda Prelude generasi terbaru menunjukkan pentingnya powertrain hybrid sebagai bagian dari strategi elektrifikasi mobil Honda. Khususnya, dalam menuju 100 persen penjualan kendaraan menggunakan baterai listrik atau sel bahan bakar hidrogen pada tahun 2040.

Honda meluncurkan Honda Insight generasi pertama bertenaga hybrid IMA sebagai produk massal pada tahun 1999. Setelah itu, sistem hybrid IMA diperkenalkan ke berbagai model lainnya seperti Honda Civic, Jazz (Fit), CR-Z dan NSX, bahkan teknologi seperti Fuel Cell, e:HEV, BEV hingga e:FCEV. (Din/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id