Penjualan Ritel Merek Andalan Indomobil Saat Ini: Suzuki, Kia, VW, Nissan, hingga Audi Kedodoran

Ilustrsi, Suzuki XL7 - dok.Mobilitas

Jakarta, Mobilitas – Ambrolnya penjualan mobil merek-merek tersebut ke konsumen (penjualan ritel) tidak hanya terjadi pada periode Januari – Juni (semester I 2024) saja, tetapi juga di bulan Juni.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Kamis (18/7/2024) menunjukkan penjualan ritel kendaraan penumpang (mobil) yang dijajakan oleh perusahaan di bawah payung Indomobil Group anjlok.

Fakta data berbicara, mobil Suzuki yang dijajakan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di enam bulan pertama itu, terjual ke konsumen sebanyak 34.944 unit, anjlok 15,3 persen dibanding periode sama di tahun lalu.

Kia Seltos di GIIAS 2024 – dok.Mobilitas

Kemudian, mobil merek Kia yang dijajakan oleh PT Kreta Indo Artha, di enam bulan pertama 2024 itu terjual sebanyak 667 unit.Jumlah tersebut ambrol 24,4 persen dibanding total penjualan ritel yang dibukukan merek asal Korea Selatan itu pada Januari – Juni 2023.

Sementara, mobil merek Volkswagen (VW) yang dijual oleh anak perusahaan Indomobil lainnya – yakni PT Garuda Mataram Motor – di semester pertama 2024 itu terlego 61 unit. Jumlah penjualan ini ambrol 49,6 persen dibanding total angka penjualan ritel yang berhasil diserok merek asal Jerman tersebut.

Sedangkan mobil merek Audi, yang juga dijajakan oleh PT GMM, hanya laku sebanyak 14 unit. Jumlah ini ambrol 50 persen dibanding periode sama di tahun 2023.

Audi Q3 Sportback di GIIAS 2024 – dok.Mobilitas

Masih mobil Eropa yang dijajakan Indomobil bersama Inchcape – yakni Mercedes-Benz – di enam bulan pertama itu laku terjual ke konsumen sebanyak 1.794 unit. Jumlah ini anjlok 33,2 persen dibanding total penjualan ritel yang dibukukannya pada Januari – Juni 2023.

Merek mobil lainnya yang dijual Indomobil – melalui PT Nissan Motor Distribusi Indonesia – yakni Nissan, di semester pertama 2024 itu hanya laku sebanyak 589 unit. Jumlah ini ambrol 43,7 persen dibanding periode sama di tahun 2023. (Anp/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id