Jakarta, Mobilitas – Sepanjang Januari – Juni 2024, mobil merek asal Hiroshima, Jepang, yang di Indonesia dijajakan oleh PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) ini membukukan penjualan ke dealer (wholesales) maupun dari dealer ke konsumen (penjualan ritel) yang merosot.
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Senin (22/7/2024) menunjukkan, selama semester pertama 2024 itu, Mazda Indonesia meraup angka wholesales sebanyak 2.107 unit. Jumlah ini anjlok 21,3 persen dibanding total wholesales yang dibukukannya pada periode sama di tahun 2023.
Pada saat yang sama, angka penjualan ritel yang diserok Mazda melalui PT EMI sebanyak 2.813 unit. Jumlah penjualan ritel ini merosot 3 persen dibanding total penjualan ritel yang berhasil dicetak PT EMI pada periode Januari – Juni 2023.
Kemerosotan penjualan ini menyumbang tercetaknya total wholesales dan total penjualan ritel mobil (gabungan dari berbagai mereka atau pabrikan) di enam bulan pertama 2024 tersebut. Data Gaikindo memperlihatkan di enam bulan pertama itu total wholesales mobil di Tanah Air hanya 408.012 unit, anjlok 19,4 persen dibanding periode sama di tahun lalu yang sebanyak 506.427 unit.
Sementara, total penjualan ritelnya 431.987 unit. Jumlah angka penjualan ritel tersebut anjlok 14 persen dibanding Januari – Juni 2023 yang sebanyak 502.533 unit.
Kini di hajatan Gaikindo International Auto Show (GIIAS) 2024, Mazda Indonesia menggoda konsumen dengan menghadirkan sejumlah model unggulan mulai dari Mazda CX-30, Mazda 3, Mazda CX-60 Elite dan Kuro, dan yang tidak kalah memberot perhatian pengunjung pameran itu adalah Mazda MX-5 dengan balutan aksesoris Auto Exe.
Sekadar informasi AutoExe merupakan tuning house alias perusahaan modifikator mobil asal Jepang. Aksesoris dan part yang membalut roadster Mazda itu antara lain perfomance package, styling package, serta suspension package.
Part-part tersebut mulai dari muffler garnish, sport dual muffler, lip spoiler, side spoiler hingga intake suction kit. Selain itu ada key cover.
Semua paket tersebut dibanderol sekitar Rp 44,26 juta. Semua paket ini ditujukan untuk memperkuat tampilan mobil dua kursi itu sebagai roadster yang penuh gaya nan eksklusif. (Jrr/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id