Fakta Terkini di Jerman, Mobil Hyundai Ternyata Lebih Laku Ketimbang Toyota

Ilustrasi, Hyundai Inster - dok.Istimewa

Munich, Mobilitas – Bahkan, jika total penjualan mobil merek Toyota digabung dengan merek mewahnya (Lexus) sekalipun, masih kalah banyak dibanding penjualan mobil Hyundai.

Data Otoritas Transportasi Federal (KBA) Jerman yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Kamis (8/8/2024) menunjukkan, antara Toyota dengan Hyundai (tidak termasuk Lexus dan Genesis) memiliki jumlah varian model mobil yang dijajakan di Jerman hampir sama.

Toyota memiliki 47 varian model dan tipe, sedangkan Hyundai 46 varian model (dan tipe).
Namun, di periode Januari hingga Juli atau tujuh bulan pertama 2024, Toyota membukukan angka penjualan sebanyak 53.256 unit mobil. Jumlah angka penjualan yang diraup pabrikan mobil terbesar di Jepang ini meningkat 18,2 persen dibanding periode sama di tahun 2023.

Sementara, pada saat yang sama, Hyundai berhasil menyerok angka penjualan sebanyak 58.128 unit. Jumlah tersebut menciut 3,3 persen dibanding total angka penjualan yang berhasil dikoleksinya pada periode Januari – Juli 2023.

Ilustrasi, Toyota Corolla hybrid – dok.Toyota

Dengan total penjualan sebanyak itu, pabrikan mobil asal Korea Selatan itu bercokol di urutan ke-9 di daftar 10 besar pabrikan mobil dengan penjualan terbanyak di Jerman pada tujuh bulan pertama 2024. Dia mengungguli Toyota yang nankring di urutan ke-10.

Sekadar informasi, jika total penjualan Toyota digabung dengan penjualan Lexus (merek mewahnya) yang sebanyak 2.635 unit, ternyata masih kalah banyak dibanding total penjualan Hyundai. Sebab, total penjualan Toyota dan Lexus hanya 55.891 unit.

Jerman yang merupakan negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di Eropa kini menjadi pasar mobil merek dari berbagai negara. Tak hanya dari Eropa (Jerman, Inggris, Italia, Spanyol, dan lainnya) saja, tetapi juga dari Amerika Serikat, Jepang, Korea, dan bahkan Cina.

Negara berpenduduk 83,248 juta jiwa ini juga dikenal eksportir produk berteknologi tingggi, termasuk produk otomotif. Jenama otomotif seperti Volkswagen, Mercedes-Benz, Bayerische Motoren Werke, Porsche, Smart, dan lainnya merupakan produk Jerman yang telah menyelusup ke pasar berbagai negara di dunia. (Din/Aa)