Samsung Bikin Baterai Anyar, Sekali Cas Mobil Listrik Bisa Ngacir 965 Kilometer

Ilustrasi, baterai listrik buatan Samsung SDI - dok.ETN News

Seoul, Mobilitas – Menariknya untuk pengisian ulang daya baterai dari 10 persen ke 80 persen ini cukup membutuhkan waktu 9 menit, dan umur baterai itu mencapai 20 tahun.

Laporan The Elec yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Kamis (15/8/2024) menyebut prototipe baterai itu diperkenalkan Samsung SDI di hajatan SNE Battery Day 2024 pada Rabu (14/8/2024) di Seoul, Korea Selatan.

“Kami membangun prototipe baterai solid-state ini dalam sebuah pilot project sejak tahun 2023 lalu. Rencananya, baterai ini akan diproduksi massal pada tahun 2027 nanti,” bunyi keterangan Samsung.

Kini Samsung masih intensif mengujinya dengan cara mengirimkan baterai itu ke produsen mobil listrik untuk dites. Tujuannya bisa mendapatkan masukan langsung dari para produsen mobil setrum tersebut.

“Keungggulan lain baterai solid-state kami ini adalah bobotnya yang ringan, ukurannya yang lebih kecil, namun lebih aman,” klaim Samsung.

Ilustrasi, Samsung SDI – dok.Battery Technology

Namun, karena biaya produksinya yang mahal, maka untuk tahap awal, baterai ini hanya akan digunakan untuk mobil listrik kelas atas atau super premium. Artinya, baterai dengan densitas energi yang disebut 500 Wh/kg ini masih diproduksi dalam jumlah terbatas.

Sekadar informasi, data perusahaan riset energi asal Korea Selatan – SNE Research – yang disitat Mobilitas di Jakarta, Kamis (15/8/2024) menunjukkan, Samsung saat ini adalah pabrikan baterai terbesar keenam di dunia. Fakta berbicara, selama Januari – Juni 2024, pabrikan ini berhasil mencomot 4,5 persen pangsa pasar baterai listrik dunia.

Selama enam bulan pertama 2024 itu, sebut SNE Research, total konsumsi baterai listrik oleh pabrikan mobil listrik dunia mencapai 364,6 GWh. Meningkat 22,3 persen dari total konsumsi selama periode sama di tahun 2023 yang sebanyak 298,1 GWh.

Samsung bertengger di urutan keenam pabrikan terbesar dunia setelah CATL, BYD, LG Energy Solution, SK On, dan CALB. (Jrr/Aa)