Ternyata, Januari – Juli 2024 Penjualan Mobil Haval ke Dealer di Cina Melambat

Mobil elektrifikasi buatan pabrikan Cina GWM yakni Haval H6 hybrid dan Ora Good Cat 03 di GIIAS 2024 - dok.Mobilitas

Beijing, Mobilitas – Haval merupakan salah satu sub-merek milik Great Wall Motor (GWM) yang produknya aktif menerobos pasar dunia.

Keterangan GWM yang dikutip Mobilitas di Jakarta, MInggu (18/8/2024) menyebut Haval merupakan merek GWM yang fokus pada pengembangan, produksi, sekaligus penjualan mobil jenis crossover dan Sport Utility Vehicle (SUV). Pada Maret 2013, GWM memisahkan merek itu dari produk GWM dan menjadi merek yang mandiri.

“Sebelas tahun kemudian atau di tahun 2024, Haval telah menjadi mereka paling populer diantara merek-merek lain yang dimiliki GWM seperto Tank, Ora, Wey, dan Poer,” sebut GWM.

Maklum, produk Haval telah melanglang buana dengan jangkauan yang lebih jauh dibanding merek lainnya. Dia tak hanya menembus pasar negara-negara di Asia dan Australia saja, tetapi juga Eropa, dan bahkan negara di benua Amerika.

SUV dari Great Wall Motor yakni Haval Hybrid yang diperkenalkan di GIIAS 2023 – dok.Mobilitas

Hanya sayang, di negerinya sendiri – Republik Rakyat Cina – penjualan Haval ke dealer (wholesales) sepanjang periode Januari – Juli 2024 ternyata melempem dibanding periode sama di tahun 2023.

Data Asosiasi Mobil Penumpang Cina (CPCA) yang disitat Mobilitas di Jakarta, Minggu (18/8/2024) memperlihatkan total angka penjualan ke dealer yang dibukukan Haval hanya 176.451 unit, alias ambrol hingga 29,9 persen.

Pada bulan Juli saja, total angka penjualan ke dealer yang ditorehkan merek ini hanya 22.791 unit. Jumlah ini ambrol hingga 49,3 persen dibanding Juli 2023.

Sekadar informasi, merek Haval kini juga hadir di Indonesia. Mobil SUV merek ini bahkan telah diboyong konsumen Indonesia ke rumah mereka. (Tan/Aa)