Jakarta, Mobilitas – Dari merek-merek yang diageni oleh perusahaan di bawah Group Indomobil itu, mulai dari Suzuki hingga Audi penjualannya dari dealer konsumen tercatat mengalami penurunan yang signifikan alias ambrol.
Pejabat Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang ditemui Mobilitas di sela hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE, BSD City, Serpong, pada 18 Juli lalu mengatakan kelompok Indomobil telah menjalin kerjasama dengan sejumlah merek atau pabrikan mobil (termasuk kendaraan komersial) dari berbagai negara.
Mereka antara lain Suzuki, Hino, Kia Motors, Mercedes-Benz (termasuk Smart), Foton, GAC Aion, Citroen, Great Wall Motor, Maxus, Mercedes-Benz, Jaguar, Land Rover, Nissan, Audi, dan Volkswagen.
“Tetapi sampai saat ini (hingga Juni 2024) yang telah berjualan dan melaporkan hasil penjualan adalah Suzuki, Hino, Mercedes-Benz (gabungan antara mobil penumapang dan kendaraan komersial), Citroen, Kia, Nissan, Volkswagen, Audi, Haval dan Tank (yang merupakan bagian dari Great Wall Motor),” papar sang pejabat.
Sementara, data Gaikindo yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Rabu (21/8/2024) menunjukkan sepanjang periode Januari – Juli 2024, semua merek yang telah sejak lama dijajakan Grup Indomobil membukukan ambrolnya penjualan dari dealer ke konsumen (penjualan ritel). Sedangkan merek yang baru dijualnya, penjualannya belum bisa dibandingkan, karena di Januari – Juli 2023 mereka belum dijajakan.
Berikut data penjualan ritel merek mobil dan kendaraan niaga yang dijajakan Grup Indomobil selama Januari – Juli 2024 dibanding Januari – Juli 2023:
Suzuki : 34.944 unit (ambrol 15,3 persen)
Hino : 9.887 unit (ambrol 22,3 persen)
Mercedes (termasuk kendaraan niaga) : 1.794 unit (ambrol 33,2 persen)
Kia : 667 unit (ambrol 24,4 persen)
Nissan : 589 unit (ambrol 43,7 persen)
Citroen : 266 unit (belum bisa dibandingkan karena di 2023 belum dijual)
Tank : 105 unit (belum bisa dibandingkan)
Volkswagen : 61 unit (ambrol 49,6 persen)
Haval : 20 unit (belum bisa dibandingkan)
Audi : 14 unit (ambrol 50,02 persen)
Sumber : Gaikindo, 2024. (Din/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id