PosIND dan Mitsubishi Hadirkan Green Logistic di IKN, Pakai Fuso eCanter dan L100 EV

Dua kendaraan listrik Mitsubishi digunakan sebagai armada Green Logistic PosIND di IKN yaitu Mitsubishi Fuso eCanter dan Mitsubishi L100 EV - dok.PT KTB

Jakarta, Mobilitas – Penggunaan kendaraan listrik – truk Mitsubishi Fuso eCanter dan Mitsubishi L100 EV – di gerai PosIND yang berada di kawasan hunian Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) ini merupakan yang pertama kalinya.

Keterangan resmi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) yang diterima Mobilitas di Jakarta, Kamis (21/8/2024) menyebut peresmian penggunaan armada itu untuk kegiatan logistik PosIND di IKN itu dilakukan pada Senin (19/8/2024). Peresmian ini melibatkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Mitsubishi Motors Corporation (MMC), dan PT KTB.

PosIND memperkenalkan dua model kendaraan listrik ramah lingkungan, Mitsubishi L100 EV dan Fuso eCanter, yang rencana konsepnya akan digunakan sebagai bagian dari operasional harian PosIND. Kehadiran kedua kendaraan ini merupakan langkah konkret PosIND dalam mendukung pengembangan layanan publik yang modern dan berkelanjutan di Ibu Kota baru.

“Nusantara Logistics hub di Ibu Kota Nusantara diharapkan dapat menjadi ekosistem transportasi ideal, baik dari infrastruktur serta sarana dan fasilitas pendukung lainnya, yang nantinya dapat diterapkan di seluruh wilayah tanah air. Lebih lanjut, kami memiliki rencana untuk memanfaatkan Mitsubishi L100 EV dan Fuso eCanter di berbagai kegiatan operasi,” papar Executive Vice President Regional 6 PT Pos Indonesia (Persero), Hany Sartana.

Peresmian Green Logistic PosIND di IKN dengan menggunakan truk listrik Fuso eCanter – dok.PT KTB

Sementara, Presiden Direktur PT MMKSI, Atsushi Kurita, menyatakan rasanya bangganya dapat berkontribusi dalam mendukung PosIND dengan menggunakan Mitsubishi L100 EV. Kendaraan ini, lanjut Kurita, dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan logistik modern yang efisien dan berkelanjutan.

“Sebagai bagian dari visi kami untuk masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan, Mitsubishi berkomitmen untuk menyediakan solusi mobilitas yang ramah lingkungan, terutama di kawasan penting seperti Ibu Kota Nusantara,” kata Kurita.

Pernyataan senada diungkap President Director PT KTB, Daisuke Okamoto. Dia mengaku merasa terhormat dapat berkontribusi dalam mendukung transformasi transportasi logistik yang ramah lingkungan dengan menghadirkan eCanter sebagai bagian dari armada PosIND di IKN.

“Kontribusi eCanter tidak hanya menjadi bukti nyata bahwa truk listrik ini adalah solusi masa depan yang andal untuk berbagai sektor industri, tetapi juga mampu menghadapi tantangan operasional di berbagai medan jalan di seluruh Indonesia,” tandas Daisuke.

PT Pos Indonesia menguji Fuso eCanter sebagai armada distribusi surat dan parcel ke provider – dok.PT KTB

Sebelumnya, PT Pos Indonesia dan Mitsubishi dimulai beberapa tahun lalu melalui aktivitas uji coba atau Proof of Concept (PoC) pada L100EV dan eCanter, yang memperkuat hubungan dan kepercayaan dalam industri bisnis logistik. Proses PoC Mitsubishi L100 EV digelar selama 11 bulan, dari April 2022 hingga Maret 2023.

Pada tahun itu pula PT KTB juga menggelar PoC truk Fuso eCanter oleh sejumlah perusahaan di Tanah Air. Termasuk oleh PT Pos Indonesia. (Tan/Aa)