Seberapa Laku Mobil Listrik Seres di RI? Begini Fakta Penjualannya hingga Juli Tahun Ini

Mobil listrik Seres E1 di GIIAS 2024 - dok.Mobilitas

Jakarta, Mobilitas – Mobil listrik merek Seres (merek mobil listrik yang merupakan bagian dari Dongfeng, pabrikan otomotif asal Republik Rakyat Cina), mulai dirakit di Indonesia pada akhir 2023 lalu.

Model pertama dari mobil listrik Seres yang diproduksi di Indonesia melalui PT Sokonindo Automobile di Cikande, Serang, Banten, adalah Seres E1. Ada dua varian yang diproduksi yakni Seres E1 B Typ  dan Seres E1 Type L.

Mereka dibekali baterai Lithium Iron Phosphate yang menyokongnya mampu berjalan hingga sejauh 220 kilometer sekali cas daya baterai. Mobil ini dilengkapi fitur Antilock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist, Hill Hold Assist, Cruise Control, hingga pilihan mode berkendara.

Bahkan, untuk L Type dilengkapi Electronic Stabilty Control (ESC), Electronic Praking Brake with Auto Hold. Menariknya, mobil ini dibanderol mulai Rp 189 juta on the road Jakarta.

Seres E1 yang dimodifikasi, dilengkapi sistem audio premium Venom – dok.Mobilitas

Lantas seberapa laku mobil setrum itu di Indonesia? Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Jumat (23/8/2024) menunjukkan, sepanjang Januari – Juli tahun ini, total penjualannya ternyata belum sampai 100 unit.

Fakta data berbicara, selama tujuh bulan pertama itu, Seres E1 terjual dari dealer ke konsumen (penjualan ritel) yang dicetak Seres pada Januari – Juli 2024 itu sebanyak 63 unit (belum bisa dibandingkan dengan periode sama di tahun lalu). Dari total angka penjualan ritel tersebut, 8 unit tercetak pada bulan Juli.

Artinya, saban bulannya hanya 9 unit Seres E1 yang terjual ke konsumen. (Anp/Aa)