Beijing, Mobilitas – Sejumlah mobil kondang yang merupakan mobil andalan SGWM Motor alias Wuling Motors itu membukukan amblesnya penjualan di periode tujuh bulan pertama 2024 itu.
Data Asosiasi Mobil Penumpang Cina (CPCA) yang menghimpun laporan pabrikan dan dikutip Mobilitas di Jakarta, Kamis (29/8/2024) menunjukkan, sepanjang Januari – Juli 2024 itu, jumlah mobil Wuling yang dibeli konsumen, sebanyak 390.903 unit. Jumlah ini merosot 6,47 persen dibanding total penjualan ritel yang dibukukan pada periode sama di tahun 2023.
Padahal, di saat yang sama jumlah mobil yang terjual ke konsumen (penjualan ritel) di negara berpenduduk 1,425 miliar jiwa lebih itu, masih meningkat dibanding Januari – Juli 2023. Totalnya mencapai 11.148.678 unit. Jumlah itu naik 2,23 persen dibanding tujuh bulan pertama 2023.
Sejumlah mobil kondang Wuling penjualan ritelnya ambles di tujuh bulan pertama 2024 tersebut. Mereka adalah:
Wuling Hongguang Mini EV : 99.3432 unit (ambrol 27,61 persen)
Wuling Hongguang V : 26.967 unit (ambrol 33,41 persen)
Wuling Jiachen : 17.529 unit (ambrol 41,2 persen)
Wuling Asta : 14.338 unit (ambrol 41,4 persen)
Wuling Rongguang : 11.984 unit (merosot 2,46 persen)
Wuling Xingchi : 15.718 unit (anjlok 30,2 persen)
Wuling Sunshine : 8.880 unit (merosot 6,53 persen)
Wuling Hongguang Plus : 4.781 unit (anjlok 17,98 persen)
Wuling Hongguang S3 : 6.449 unit (anjlok 25,40 persen)
Wuling Victory : 2.692 unit (ambrol 44,9 persen)
Wuling Journey : 2.309 unit (ambrol 49,3 persen)
Wuling Air EV : 1.746 unit (ambrol 64,10 persen)
Wuling Nano : 422 unit (ambrol 62 persen)
Sumber : CPCA, 2024. (Anp/Aa)