Penjualan Nissan di RI Januari – Juli Tahun Ini Masih Jeblok, Nissan Serena e-Power Hadir

Nissan Kicks e-Power yang dipmaerkan di GIIAS 2024 - dok.Mobilitas

Jakarta, Mobilitas – Anjloknya penjualan mobil Nissan dari dealer ke konsumen (penjualan ritel) sepanjang Januari – Juli 2024 ini menambah panjang jejak muramnya penjualan Nissan di Tanah Air, yang terus ambrol sejak tahun 2021.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang disitat Mobilitas di Jakarta, Jumat (30/8/2024) memperlihatkan, selama tujuh bulan pertama tahun ini, mobil Nissan yang dijajakan PT Nissan Motor Distributor Indonesia (Indomobil Group) hanya sebanyak 630 unit. Jumlah tersebut ambrol hingga 47, 3 persen dibanding total angka penjualan ritel yang berhasil diseroknya pada periode sama di tahun 2023.

Fakta data juga berbicara, penjualan ritel mobil merek asal Jepang itu terus menurun tajam alias ambrol sejak tahun 2021 hingga akhir Juli tahun ini. Tercatat, sepanjang sepanjang tahun 2020, mobil Nissan laku terjual ke konsumen (penjualan ritel) sebanyak 12.570 unit.

Pada tahun berikutnya atau tahun 2021, ternyata penjualan ritel yang dibukukannya ambrol menjadi 6.185 unit. Tren ambrolnya penjualan berlanjut di tahun 2022, dimana total mobil yang terlego ke konsumen hanya 3.529 unit.

Bahkan di tahun 2023 lalu, PT NMDI hanya berhasil meraup angka penjualan ritel sebanyak 1.824 unit. Artinya, muramnya kinerja penjualan Nissan Motor di Indonesia masih terus berlangsung.

All New Nissan Serena e-Power yang diluncurkan di GIIAS 2024 Surabaya – dok.Nissan.co.id

Kini, di tahun 2024, Nissan Motor melalui PT NMDI berusaha untuk bangkit dengan menyuguhkan modela anyar. Seperti dilansir laman resmi Nissan.co.id yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Jumat (30/8/2024), pada Rabu (28/8/2024) PT NMDI meluncurkan All New Nissan Serena e-Power di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 Surabaya.

Di gelaran yang berlangsung Grand City Convention and Exhibition, Surabaya, 28 Agutus – 1 September 2024 itu, MPV Nissan itu menemani sejumlah model yang kini menjadi andalan Nissan di Tanah Air. Serena e-Power itu dibanderol Rp 645 juta on the road Surabaya.

“Komitmen Nissan untuk elektrifikasi di Indonesia melalui peluncuran The All New Nissan Serena e-Power menghadirkan solusi mobilitas masa depan yang ramah lingkungan. Melalui teknologi e-Power pada Nissan Serena e-Power, Nissan terus mendukung perkembangan ekosistem listrik di Indonesia, menawarkan inovasi yang relevan dan berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia,”papar Presiden Direktur PT NMDI, Evensius Go. (Hen/Aa)