Ramon Ginah: dari Maserati dan Ferrari, Kini Jadi Desainer Dongfeng Motor

Ramon Ginah, saat masih bergabung dengan GWM dan mendesain SUV Haval - dok.Istimewa via Turn of Speed

Wuhan, Mobilitas – Dongfeng Motor yang merupakan pabrikan mobil milik pemerintah Republik Rakyat Cina dan telah berusia 55 tahun ini mendapuk Ramon Ginah sebagai bos desainer produknya mulai 9 september 2024.

Laporan Gasgoo yang mengutip keterangan pabrikan asal Wuhan, Hebei, Cina, dan disitat Mobilitas di Jakarta, Rabu (11/9/2024) menyebut pria asal Delft, Belanda, itu dipercaya sebagai Direktur Desain pabrikan. Dia berkantor di Pusat Desain Dongfeng di Shanghai.

“Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun dalam industri otomotif kehadiran Ramon Ginah akan memberikan ide dan nuansa baru bagi tim desainer Dong Feng Motor,” tulis laman Sino Auto.

Sejumlah sumber yang disitat Mobilitas menyebut pria lulusan Teknik Desain Industri Universitas Delf, Belanda, itu memiliki pengalaman bekerja dan mendesain mobil di merek atau pabrikan kondang dunia. Keindahan sejumlah model mobil Ferrari, Maserati, Fiat, Alfa Romeo, hingga mobil pabrikan cina seperti Great Wall Motor dan Xpeng merupakan buah kreasinya.

Ramon Ginah – dok. Istimewa via Techietonics.com

“Waktu saya kuliah di Teknik Desain Industri Universitas Delft, saya memilih spesialisasi desain otomotif. Karena mendesain mobil, interior mobil adalah impian saya sejak kecil,” ungkap Ginah saat diwawancarai laman Techie Tonics belum lama ini.

Pria pehobi traveling ini pernah magang di perusahaan produsen Donkervoort, sebuah perusahaan di Belanda. Kemudian di pabrikan italia, Alfa Romeo, sebelum akhirnya diterima bekerja di Fiat.

Dengan pengalaman bekerja dan keberhasilannya menyelesaikan desain mobil dengan apik dia akhirnya diterima di Maserati, kemudian Ferrari, serta lebih dari sepuluh tahun di Alfa Romeo. Sementara di Cina, Ginah sempat bergabung dengan tim desain Great Wall Motor dan Xpeng. (Aa)