MINI Luar Biasa, Januari – Agustus 2024 Penjualannya Melesat Meski Pasar Mobil RI Letoi

Plaza MINI di jalan Senopati, Jakarta Selatan - dok.MINI

Jakarta, Mobilitas – Hampir semua merek atau pabrikan mobil yang menjajakan produknya di Indonesia, pada periode Januari – Agustus 2024 mencatatkan ambrolnya penjualan.

Fakta berbicara, anjloknya total penjualan (gabungan dari seluruh merek atau pabrikan mobil yang ada) di kurun waktu delapan bulan pertama 2024 itu, tidak hanya terjadi dalam penjualan unit dari pabrik ke dealer (wholesales) saja. Tetapi juga dari dealer ke konsumen (penjualan ritel).

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Jumat (20/9/2024) menunjukkan, sdi periode Januari – Agustus 2024 itu, total angka wholesales mobil yang tercetak sebanyak 560.619 unit. Jumlah ini anjlok hingga 17,1 persen dibanding total wholesales periode sama di tahun 2023, yang mencapai 675.859 unit.

Sementara, di saat yang sama, jumlah penjualan ritel mobil hanya sebanyak 584.857 unit. Jumlah tersebut ambles 12,1 persen dibanding total penjualan ritel di periode Januari – Agustus 202, yang sebanyak 665.262 unit.

PLaza MINI di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara – dok.Istimewa

Namun, beberapa merek atau pabrikan ternyata masih tetap memiliki kinerja penjualan yang mengkilap. Salah satunya adalah merek asal Inggris (yang merupakan bagian dari BMW Group) dan di Tanah Air dijajakan oleh BMW Group Indonesia.

Fakta data memperlihatkan, selama Januari – Agustus tahun ini, MINI masih mampu meraup angka wholesales sebanyak 650 unit. Jumlah ini menanjak 25,6 persen dibanding total wholesales yang dikemasnya pada delapan bulan pertama di tahun lalu.

Sedangkan total angka penjualan ritel yang berhasil diseroknya pada Januari – Agustus 2024 itu mencapai 611 unit. Jumlah ini meningkat hingga 30,4 persen dibanding total angka penjualan ritel yang berhasil didulangnya pada delapan bulan pertama 2023. (Ays/Aa)