KTB Kembali Donasikan Truk Fuso Canter ke Sekolah, Kini ke SMK Bhakti Bangsa Banjarbaru

penyerahan truk Fuso Canter Fighter X Euro 4 Director of Administration & HR Division PT KTB Prasetio Hartono kepada Kepala SMK Bhakti Bangsa Mahyudin Budhi Saputra. - dok.PT KTB

Jakarta, Mobilitas – Sebelumnya, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) atau Fuso Indonesia menyerahkan Mitsubishi Fuso Fighter X berteknologi Euro 4 kepada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Darussalam, Makassar, pada 23 Agustus lalu.

Kini, pada Jumat (20/9/2024) satu unit lagi truk Fuso Fighter X Euro 4 didonasikan ke SMK Bhakti Bangsa, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Penyerahan truk tersebut dilakukan Director of Administration & HR Division PT KTB Prasetio Hartono kepada Kepala SMK Bhakti Bangsa Mahyudin Budhi Saputra.

Truk yang diserahkan tersebut merupakan unit yang ketujuh dalam rangkaian donasi yang dijalankan oleh KTB secara bertahap dalam rangka program tanggung jawab sosial perusahaan yaitu KTB Fuso Vocational Education Programme (KTB Fuso VEP) tahun fiskal 2023 – 2024.

President Director KTB Daisuke Okamoto mengatakan melalui donasi ini, KTB kembali menegaskan komitmen untuk menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat Indonesia. Melalui kolaborasi dengan para pemangku kepentingan terkait, lanjut dia, KTB berupaya untuk berkontribusi dalam peningkatan pendidikan yang berkualitas, pelestarian lingkungan hidup yang berkelanjutan dan peduli terhadap kemanusiaan.

“Semoga donasi ini dapat menjadi sinergi positif yang saling menguntungkan bagi industri dan pendidikan kejuruan secara jangka panjang,” tandas Daisuke dalam keterangan resmi KTB yang diterima Mobilitas di Jakarta, Jumat (20/9/2024).

Seremoni serah terima donasi truk untuk praktik bagi siswa SMK Bhakti Bangsa Banjarbaru, Kalimantan Selatan, dari PT KTB – dok.KTB

Sementara, Prasetio Hartono menegaskan KTB Fuso VEP hadir sebagai wujud konsistensi KTB dalam membangun kualitas pendidikan kejuruan yang sejalan dengan tujuan program Link and Match dari Pemerintah Indonesia. KTB, kata dia, menyadari sepenuhnya bahwa keberlanjutan adalah kata kunci untuk mendorong keberhasilan program tersebut.

“Karena itu, KTB berharap setelah donasi ini sekolah dapat memanfaatkan unit truk Canter Euro 4 semaksimal mungkin untuk berbagi pengetahuan terkini kepada para siswa yang dapat menjadi modal kompetensi penting bagi mereka sebelum memasuki dunia kerja di masa mendatang,” ujar Prasetio.

Prosesi penyerahan unit truk yang didonasikan dihadiri Walikota Banjarbaru H. Muhammad Aditya Mufti Ariffin. Selain itu, Business Manager PT Barito Berlian Motor Rudy Lim dan jajaran.

Sekadar informasi, KTB Fuso VEP dapat berjalan dengan baik sejak 2017 karena dukungan kuat dari jaringan Dealer Mitsubishi Fuso serta Krama Yudha Tiga Berlian Motors Regional Training Center (KRTC). Program ini mulai dilaksanakan pada tahun 2017 lalu. (Anp/Aa)