Penjualan Great Wall Motor di Luar Cina: Januari – Agustus Melonjak 54,2 Persen

GWM Tank 500 versi paling baru- dok.Istimewa via Bangkok Post

Baoding, Mobilitas – Di pasar dunia (atau pasar di luar Cina), pabrikan asal Baoding, Hebei, Republik Rakyat Cina ini menjuual beragam model (baik mobil konvensional, hybrid, maupun listrik murni atau BEV) dengan merek Haval, Ora, Tank, serta Poer.

Data dan keterangan resmi GWM Company Limited di laman resmi perusahaan yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Selasa (24/9/2024) menunjukkan pada bulan Agustus saja GWM meraup angka penjualan di luar negeri sebanyak 40.454 unit. Jumlah ini melonjak hinhgga 31,6 persen dibanding penjualan di bulan yang sama tahun 2023.

Sementara, pada periode Januari – Agustus 2024, total angka penjualan yang berhasil diseroknya mencapai 280.139 unit. Jumlah ini mencuat alias meningkat signifikan hingga 54,2 persen dibanding jumlah penjualan yang berhasil dikemasnya pada periode sama di tahun 2023.

Dengan bertambahnya penjualan sebanyak itu, pabrikan otomotif yang didirikan pada tahun 1984 itu mengklaim jumlah mobil buatannya yang digunakan konsumen di luar negeri mencapai 1,6 juta unit. Sedangkan jika digabung dengan jumlah yang dipakai di Cina, totalnya mencapai 4 juta unit.

Haval H6 hybrid dan Ora Good Cat 03 di GIIAS 2024 – dok.Mobilitas

GWM juga telah beroperasi  dan menjual produknya di Indonesia. Bersama mitra lokalnya – yakni Indomobil Group – GWM memperkenalkan mobil besutan sub-mereknya di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Mobil itu adalah merek Haval, Tank, dan Ora.

Namun, baru merek Haval dan Tank yang baru dijajakan oleh GWM di Tanah Air, mulai kuartal pertama 2024. Sehingga, jumlah mobil-mobil itu yang terjual masih minim.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang disitat Mobilitas di Jakarta, Selasa (24/9/2024) memperlihatkan hingga akhir Agustus 2024, mobil merek Tank terjual ke konsumen (penjualan ritel) sebanyak 54 unit. Sementara, mobil merek Haval terlego sebanyak 39 unit. (Din/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id