FAW Klaim Jual 41.700 Truk di Luar Cina, Segini Penjualannya di Indonesia

Ilustrasi, truk FAW - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – Penjualan truk FAW Jiefang (anak perusahaan China FAW Group) itu itu merupakan total penjualan selama Januari – Agustus 2024 di luar Republik Rakyat Cina (Cina).

Laporan Xinhua yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Jumat (27/9/2024) menunjukkan total penjualan sebanyak 41.700 unit di luar negeri itu meningkat 30 persen dibanding penjualan pada periode sama di tahun 2023. Penjualan ini dibukukan oleh 100 dealer FAW di 40 negara.

“FAW mengekspor truk ke banyak negara, antara lain ke Afrika Selatan, Tanzania, Vietnam, dan sejumlah negara di Asia lainnya,” sebut Xinhua menyitat data FAW Jiefang.

Pabrikan asal Jilin, Cina wilayah timur laut, yang didirikan pada tahun 1953 itu juga mengekspor truknya ke Indonesia (RI).

Truk FAW yang dijual di Indonesia – dok.PT Gaya Makmur Mobil

Ternyata, di tahun 2024 ini – khususnya selama periode Januari hingga Agustus – kinerja penjualan FAW cukup moncer.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang disitat Mobilitas di Jakarta, Jumat (29/9/2024) memperlihatkan, selama periode Januari – Agustus tahun ini, FAW Indonesia berhasil menjual 572 unit kendaraan niaga ke dealer (wholesales) di Indonesia. Jumlah ini melonjak 76 persen dibanding total angka wholesales yang dibukukannya pada periode sama di tahun 2023.

Sementara, total angka penjualan ritel yang dicetak FAW Indonesia, sama persis dengan angka wholesales, yakni 572 unit. Begitu pun dengan besaran kenaikan penjualan ritel, juga sama persis dengan kenaikan wholesales, yakni 76 persen dibanding delapan bulan pertama 2023. (Anp/Aa)

 

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id