Toyota New GR 86 - dok.TAM

Toyota New GR86 Gazoo Racing Hadir di Indonesia, Segini Harganya

Arif Arianto
3 Min Read

Jakarta, Mobilitas – PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan New GR86 dengan peningkatan driving performance Gazoo Racing (GR), di Indonesia, Jumat (26/9/2024).

Keterangan resmi TAM yang diterima Mobilitas di Jakarta, Jumat (26/9/2024) menyebut ada dua varian Toyota GR86 berlabel GR yang ditawarkan kepada konsumen di Tanah Air. Pertama New GR86 transmisi manual (M/T) yang dibanderol Rp 1.016.000.000 dan New GR86 bertransmisi otomatis (A/T) dengan harga Rp 1.054.000.000.

Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto, mengatakan Toyota mendapatkan masukan dari para pembalap dan sports car enthusiast dalam melakukan ubahan di Toyota GR86 teranyar itu. Hasilnya, Toyota GR86 generasi kedua ini mengalami peningkatan performa mesin dan sentuhan racing pada komponen kemudi dan suspensi.

“PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan New GR86 yang batas performance-nya ditingkatkan lebih tinggi lagi, untuk memperkuat pengalaman berkendara unik khas GR Pure dan memberikan joy of GR dari balik kemudinya,” kata Henry.

Tuas transmisi Toyota New GR86 – dok.TAM

Peningkatan performa itu mulai dari transmisi manual 6-speed dimana Engine Torque Control dimodifikasi agar memberikan sinyal perpindahan gigi ke pengemudi dengan mudah dan jelas. Selain itu, throttle control telah diadopsi untuk mendapatkan respons akselerasi yang lebih sigap dan meningkatkan performa di kecepatan tinggi.

Selain itu, Electric Power Steering (EPS) telah ditingkatkan. Hal itu dimaksudkan untuk memberikan handling yang lebih intuitif dan respons alami ketika berinteraksi dengan pengemudi.

Kemudian karakter shock absorber ditingkatkan untuk memberikan kontak dengan aspal yang lebih optimal sambil mempertahankan respons handling khas mobil sport. “GR menjalin kolaborasi dengan Sachs (ZF) untuk menyediakan shock absorber yang paling sesuai karakter sports car ini,” jelas TAM.

Sementara performa mesin boxer FA24 2.387 cc 4-silinder dengna teknologi D-4S tak mendapatkan ubahan. Mesin ini menghasilkan tenaga 235 PS pada 7.000 rpm dengan torsi puncak 250 Nm pada 3.700 rpm.

Tampilan kabin bagian depan new GR86 dengan sentuhan Gazoo Racing – dok.TAM

New GR86 memanfaatkan penggerak roda belakang (RWD) yang menjanjikan driving experience tiada tandingan. Kehadiran model anyar Toyota GR86 ini tentu diharapkan menjadi amunisi Toyota Indonesia untuk menggenjot penjualan mobil sport tersebut.

Terlebih, di tahun 2024 ini – pada periode Januari hingga Agustus – penjualan Toyota GR86 ke dealer (wholesales) anjlok dibanding periode sama di tahun 2023.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Jumat (27/9/2024) total wholesales itu di delapan bulan pertama 2024 hanya 140 unit. Jumlah itu anjlok 33,3 persen dibanding tahun lalu. (Hen/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id

Share This Article