Januari – September 2024: di Prancis Penjualan Renault, Peugeot, dan Citroen Merosot

Ilustrasi, logo Renault - dok.Vecteezy

Paris, Mobilitas – Selama kurun waktu sembilan bulan pertama (Januari – September) 2024, pasar mobil di Prancis memang sedang lesu.

Data Ateliers d’Automobiles et d’Aviation (AAA) dari laporan pabrikan yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Kamis (3/10/2024) menunjukkan, selama periode Januari – September tahun ini, jumlah mobil (berbagai jenis dari berbagai pabrikan yang beroperasi di Prancis) sebanyak 1.265.907 unit. Jumlah ini menyusut 1,84 persen dibanding total penjualan selama periode sama di tahun 2023.

Menariknya, sebagian besar pabrikan yang memproduksi atau menjajakan produkn ya di Negeri Anggur itu mencatatkan merosotnya penjualan. Termasuk tiga pabrikan lokal yang kondang di dunia, yakni Renault, Peugeot, serta Citroen.

Ilustrasi, Citroen C3 Aircross – dok.Mobilitas

Fakta data berbicara, Renault yang bercokol di urutan pertama dalam daftar pabrikan dengan penjualan terbanyak. Renault menyerok angka penjualan sebanyak 203.532 unit, menyusut 1,55 persen dibanding penjualan yang dibukukannya selama Januari – September 2023.

Sementara, Peugeot yang bertengger di urutan kedua, mendulang angka penjualan sebanyak 177.393 unit. Jumlah ini melorot 4,16 persen dibanding penjualan yang diraupnya pada sembilan bulan pertama 2023.

Sedangkan Citroen di kurun waktu yang sama, mencetak angka penjualan sebanyak 87.988 unit. Total angka penjualan itu merosot 8,82 persen dibanding jumlah penjualan yang berhasil dikemas Citroen pada Januari – September 2023. (Din/Aa)

 

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id