Penjualan Mobil Toyota di Jepang Periode Januari – September Kusut

Ilustrasi, Toyota - dok.Nippon.com

Tokyo, Mobilitas – Selama sembilan bulan pertama atau pada periode Januari hingga September tahun 2024 ini, total jumlah mobil Toyota yang terjual di negerinya sendiri itu anjlok.

Data Asosiasi Dealer Mobil Jepng (JADA) dan Japan Industry Research (JIR) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Minggu (6/10/2024) menunjukkan di periode tersebut mobil Toyota yang terlego 998.336 unit. Jumlah itu terperosok hingga 17,3 persen dibanding total angka penjualan yang diseroknya pada sembilan bulan pertama 2023.

Merosotnya penjualan Toyota – yang merupakan pabrikan terbesar – juga berdampak cukup signifikan terhadap total penjualan mobil (berbagai jenis maupun kategori dari semua pabrikan yang menjajajkan pruduknya) di Jepang.

Ilustrasi, Toyota Raize hybrid di Jepang – dok.Istimewa

Fakta berbicara, kemerosotan penjualan mobil di Negeri Sakura itu pada sembilan bulan pertama tahun ini mencapai 8,5 persen dibanding periode sama di tahun 2023.

Jumlah mobil yang terjual di Jepang pada Januari – September tahun ini  hanya sebanyak 3.299.869 unit. Sedangkan di periode sama pada tahun lalu masih sebanyak 3.607.486 unit. (Din/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id