Citroen C3 Aircross Terbaru Sudah Dijual di India, Ini Keistimewaannya

Citroen C3 Aircross 2024 - dok.Motoring World

New Delhi, Mobilitas – Citroen di Negeri Sari itu menyebut Citroen C3 Aircross anyar ini mendapatkan pembaruan pada aspek desain, keselamatan, serta teknologi lainnya.

Laporan NDTV dan Autocar Professional yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Senin (7/10/2024) menyebut mobil yang diluncurkan pada 30 September 2024 itu mulai dikirimkan ke konsumen pada Selasa (8/10/2024) besok. “Citroen C3 Aircross terbaru ini tersedia dalam pilihan tujuh tempat duduk dan lima tempat duduk,” tulis NDTV.

Mobil itu, kini dilengkapi dengan enam airbag, anchor kursi anak-anak Isofix, lampu utama proyektor LED, kontrol iklim otomatis, serta ORVM yang dapat dilipat secara elektronik.

“Pembaruan pada bagian interior meliputi penggunaan panel instrumen soft touch, sakelar jendela elektrik di pintu, handel pegangan tangan, hingga ventilasi AC belakang,” tulis Autocar Professional.

Citroen Aircross C3 disajikan dalam dua pilihan mesin, yakni mesin bensin 1.2 liter generasi ketiga Puretech 110 turbo, dan mesin bensin Puretech 82 Naturally Aspirated. Mesin tersebut menghasilkan tenaga hingga 110 PS dengan torsi 205 Nm, dan 84 PS dengan torsi 115 Nm.

Tampilan pusat kemudi Citroen C3 Aircross terbaru yang baru saja diluncurkan di india – dok.NDTV

Untuk menyalurkan tenaga ke roda, ada tiga pilihan transmisi. Mereka adalah transmisi manual 5 tingkat percepatan, transmisi manual 6 tingkat percepatan, dan transmisi otomatis 6 tingkat percepatan.

Selain itu, Citroen juga menyematkan fitur keselamatan canggih lainnya termasuk Electronic Stability Control, Tyre Pressure Monitoring System (TMPS), dan Hill-hold Assist (HHA). Sementara kapasitas bagasinya diklaim mencapai 511 liter, jika kursi belakang dilipat.

Versi sebelumnya dari mobil ini merupakan model Citroen dengan peningkatan kinerja penjualan yang tertinggi di antara mobil Citroen yang ada di India. Pada Januari – Agustus tahun 2024, lonjakan penjualannya mencapai 1.917 persen lebih.

Data Asosiasi Industri Otomotif India (SIAM) dan Asosiasi Dealer Mobil India (IADA) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Senin (7/10/2024) menunjukkan, selama delapan bulan pertama 2024 itu Citroen C3 Aircross terjual sebanyak 1.029 unit. Jumlah tersebut meroket hingga 1.917,7 persen dibanding penjualan Januari – Agustus 2023.

Adapun total penjualan mobil Citroen (seluruh model) di India pada periode tersebut, sebanyak 4.946 unit. Jumlah ini anjlok 28,8 persen dibanding penjualan selama periode Januari – Agustus 2023. (Anp/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id