Bukan Hyundai, Tapi Mobil Kia Ini yang Terlaris di Korea Januari – September 2024

Kia Sorento terbaru di Korea - dok.Yonhap

Seoul, Mobilitas – Ketiga mobil besutan Kia Motors Corporation (Kia) itu adalah Kia Sorento, Kia Carnival, dan Kia Sportage.

Laporan kantor berita Yonhap yang mengutip keterangan resmi pabrikan dan disitat Mobilitas di Jakarta, Selasa (8/10/2024) menyebut ketiga mobil itu bercokol di urutan pertama hingga ketiga dalam daftar pabrikan dengan penjualan terbanyak di periode Januari – September 2024. Setelah itu, baru muncul mobil Hyundai, yakni Hyundai Santa Fe yang menempati urutan keempat.

Fakta data berbicara, Kia Sorento yang berada di peringkat pertama membukukan penjualan sebanyak 67.314 unit. Kemudian Carnival laku 62.352 unit, dan SUV Sportage yang berada di peringkat ketiga terlego sebanyak 56.063 unit.

Sementara itu, SUV Santa Fe besutan Hyundai Motor berada di peringkat keempat dengan total penjualan sebanyak 56.042 unit. Di urutan kelima dan keenam ada Hyundai Porter dan sedan andalan Grandeur (atau yang di luar Korea dikenal sebagai Azera) masing-masing meraup angka penjualan 53.365 unit dan 51.964 unit.

Hyundai Santa Fe terbaru di Korea Selatan – dok.Istimewa

“Para pengamat industri memperkirakan Sorento akan menjadi mobil terlaris tahun ini. Industri otomotif mengaitkan kinerja Kia yang cemerlang dengan meningkatnya preferensi konsumen terhadap SUV daripada sedan,” tulis Yonhap.

Terlebih, kini di Korea Selatan tren permintaan kendaraan hybrid semakin menguat setelah permintaan mobil listrik murni (BEV) melambat. Sedangkan Kia Sorento, Carnival, dan Sportage dari Kia juga disuguhkan dalam versi hybrid.

Sehingga, sebut para pengamat, Kia memberi jawaban kepada konsumen yang mencari mobil yang hemat bahan bakar sekaligus ramah lingkungan. (Don/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id