Penjualan Mobil Seres di Cina, Januari – September Meroket 360 Persen Lebih

Aito M9, yang merupakan salah satu model mobil listrik yang diproduksi Seres - dok.Istimewa

Chongqing, Mobilitas – Sepanjang bulan September saja, penjualan mobil energi baru alias mobil elektrifikasi (mobil listrik baterai atau BEV hingg hybrid) Seres meroket hingga 265 persen lebih dibanding September 2023.

Laporan laman China Daily yang mengutip data dari Seres Group Co.Ltd dan disitat Mobilitas di Jakarta, Selasa (8/10/2024) menyebut di bulan September 2024, Seres meraup angka penjualan sebanyak 37.407 unit. Jumlah ini meroket 265,09 persen dibanding total penjualan yang tercetak pada September 2023.

Dengan tambahan penjualan selama September tersebut, maka total penjualan mobil Seres selama sembilan bulan pertama atau periode Januari – September 2024 mencapai 316.713 unit. Total penjualan tersebut melejit 364,23 persen dibnding jumlah penjualan yang dikemas Seres pada periode sama di tahun lalu.

Seres 7 – dok.Mobilitas

Salah satu mobil besutan Seres yang kondang dan banyak dibeli konsumen di Cina adalah, Aito M9. Mobil yang diproduksi bersama perusahaan teknologi kondang, Huawei, itu pada September lalu terjual sebanyak 15.496 unit, dan di bulan itu unit Aito M9 yang ke-100 ribu diproduksi.

Sekadar informasi, Seres merupakan merek yang juga menjul produknya di luar Cina, termasuk di Indonesia. Di Tanah Air, merek ini dibawah naungan PT Sokonindo Automobile bersama merek Dongfeng Sokon.

Perusahaan itu mulai memproduksi mobil listrik seres pada akhir tahun 2023. Proses produksi dilakukan di pabriknya yang berada di Cikande, Serang, Banten.

Sampai saat ini, mobil Seres yang diproduksi di Indonesia baru Seres E1. Mobil ini dibuat dalam dua varian yakni Seres E1 B Typ dan Seres E1 Type L. (Din/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id