Merek Mobil Asli Jerman yang Saat Ini Penjualannya Jeblok di Negeri Sendiri

Ilustrasi, Audi Q3 Sportback - dok.Mobilitas

Berlin, Mobilitas – Merek asli yang dimaksud adalah merek yang sejak awal didirikan dan dimiliki oleh perusahaan, tidak termasuk merek dari negara lain yang diakuisisi oleh pabrikan di negeri itu.

Data Otoritas Transportasi Federal (KBA) dan Asosiasi Industri Otomotif Jerman (VBA) Jerman yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Sabtu (12/10/2024) menunjukkan selama Januari – September 2024, sedikitnya ada tiga pabrikan asli Jerman yang penjualannya jeblok di kampung halamannya sendiri. Mereka adalah Mercedes-Benz, Audi, serta merek kendaraan komersial Maschinenfabrik Augsburg-Nürnberg (MAN).

Fakta data berbicara, di sembilan bulan pertama itu mobil Mercedes-Benz laku sebanyak 187.685 unit. Jumlah ini ambles 11,1 persen dibanding total penjualan yang dibukukannya pada periode sama di tahun 2023.

Ilustrasi, mobil listrik Mercedes-Benz EQS 2024 – dok.Mercedes-Benz

Kemudian mobil Audi terjual sebanyak 152.087 unit. Jumlah angka penjualan itu anjlok hingga 17, 8 persen dibanding total angka penjualan yang diraupnya selama periode sama di tahun 2023.

Sedangkan MAN – yang kondang di dunia melalui produk kendaraan jenis truknya itu – mendulang angka penjualan sebanyak 1.091 unit. Jumlah penjualan yang dibukukan selama sembilan bulan pertama 2024 itu anjlok hingga 34,2 persen dibanding total angka penjualan yang dicetaknya pada Januari – September 2023. (Jrr/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id