Penjualan Toyota Veloz, Avanza, dan Raize di Vietnam Januari – September Anjlok

Toyota All New Veloz di Vietnam - dok.Istimewa

Hanoi, Mobilitas – Padahal, selama periode sembilan bulan pertama 2024 itu, total penjualan mobil di Negeri Naga Biru itu masih meningkat dibanding periode sama di tahun 2023.

Data Asosiasi Produsen Mobil Vietnam (VAMA) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Rabu (16/10/20240 menyebut para anggota asosiasi (tidak termasuk Hyundai dan VinFast) selama sembilan bulan pertama 2024 itu menjual mobil sebanyak 225.583 unit. Jumlah ini meningkat 7,5 persen dibanding periode sama di tahun 2023.

Pada kurun waktu itu, sejumlah mobil – dari berbagai merek atau pabrikan – membukukan anjloknya penjualan. Salah satu merek yang mencatatkan anjloknya penjualan model mobilnya adalah Toyota.

Ilustrasi, Toyota Raize yang juga dijual PT TAM – dok.Istimewa

Setidaknya ada tiga model mobil kondang Toyota di Vietnam maupun di Indonesia yang penjualannya terperosok di periode Januari – September 2024 itu dibnading periode sama di tahun lalu. Mobil pertama adalah Toyota Veloz yang mengantongi ngka penjualan sebanyak 5.217 unit, anjlok 15 persen dibanding sembilan bulan pertama 2023.

Kemudian Toyota Raize yang mendulang angka penjualan sebanyak 2.968 unit, anjlok 22,1 persen dibanding jumlah angka penjualan yang diraupnya pada Januari – September tahun lalu. Dan model ketiga adalah, Toyota Avanza yang meraup angka penjualan sebanyak 1.446 unit, anjlok 39,3 persen.

Sekadar informasi, hingga bulan September tahun ini, Vietnam merupakan pasar mobil terbesar kelima di Asia Tenggara. Negeri Paman Ho itu berada di belakang Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina. (Anp/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id