Pencurian Pickup di RI Marak, Suzuki Beri Pickup New Carry Kunci Immobilizer

Suzuki New Carry - dok.PT SIS

Jakarta, Mobilitas – Laporan Jurnal Keamanan Transportasi Indonesia menyebut tahun 2023, kasus pencurian kendaraan niaga – termasuk pickup – dalam tiga tahun terakhir (2020 – 2023) di wilayah Jakarta – Bogor – Depok – Tangerang – Bekasi (Jabodetabek) naik 15 persen.

Menjawab fenomena tersebut, PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) melakukan inovasi dengan melengkapi pickup Suzuki New Carry dengan teknologi kunci immobilizer terkini. Sehingga, pickup ini menjadi satu-satunya yang menyandang teknologi kunci immobilizer di segmen pickup ringan.

“Immobilizer merupakan sistem keamanan tambahan pada anak kunci kendaraan dalam bentuk microchip dengan kode khusus yang akan dikenali oleh ECU (Electronic Control Unit) kendaraan melalui frekuensi dan gelombang radio tertentu,” ungkap 4W Marketing Director PT SIS, Harold Donnel, dalam keterangan resmi yang diterima Mobilitas di Jakarta, Kamis (17/10/2024).

Cara penggunaan kunci ber-immobilizer ini, lanjut Harold, sama seperti kunci biasa serta tidak memerlukan perubahan kebiasaan.

Ilustrasi, Suzuki New Carry Pick Up yang juga diekspor ke Vietnam – dok.PT SIS

“Kami menyadari bahwa mobil komersial merupakan aset penting bagi para pengusaha, dimana keamanannya menjadi hal krusial. Keberadaan fitur immobilizer pada New Carry, membuat pelanggan tidak perlu khawatir lagi kendaraannya dicuri,” tandas Harold.

Kehadiran teknologi tersebut, sebut Harold, melengkapi keungggulan pickup Suzuki New Carry yang dikenal tangguh, irit bahan bakar, plus memiliki kapasitas angkut yang besar, sehingga sngat diminati pelaku usaha. Di kawasan Jabodetabek, klaim PT SIS, pickup ini menyumbang penjualan Suzuki hingga 23 persen.

“Selain itu, ketersediaan layanan service point menjangkau daerah terpencil dengan jarak hingga 30 km dari pusat kota juga menambah rasa tenang bagi para pemilik mobil pickup ini,” jelas Harold.

Sekadar informasi, data Gabungan Industri Kendraan bermotor Indonesia (Gaikindo) yang disitat Mobilitas di Jakarta, Kamis (17/10/2024) menunjukkan total wholesales pickup ini selama Januari – September 19.881 unit. Jumlah tersebut anjlok 30,9 persen dibanding periode sma di tahun lalu.

Pada bulan September saja jumlah wholesales yang dibukukannya 2.293 unit, anjlok 26,9 persen dibnading September 2023. (Jrr/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id