Bianca Bustamante, Pembalap F1 Asal Filipina Jajal Laga Formula E Wanita

Bianca Bustamante - dok.Car Buyer Singapore

Manila, Mobilitas – Gadis kelahiran Manila, Filipina, 19 Januari 2005 itu saat ini membalap untuk ART Grand Prix di F1 Academy yang merupakan bagian dari McLaren Driver Development Programme.

Laporan laman Autoindustriya yang disitat Mobilitas di Jakarta, Kamis (17/10/2024) menyebut Bianca akan mengikuti sesi uji coba khusus wanita untuk Kejuaraan Formula E (mobil listrik) ABB FIA. Uji coba akan diadakan di Sirkuit Ricardo Tormo di Valencia, yang akan berlangsung pada 7 November.

Bianca akan dipasangkan dengan Ella Lloyd di tim NEOM McLaren dan akan mengendarai mobil balap Formula E Gen 3 Evo terbaru. Mobil itu diklaim mampu berkaseklerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kilometer per jam (kjp)  atau melaju dari keceptan 0 hingga 100 kpj hanya dalam tempo 1,82 detik.

Bianca Bustamante – dok.McLaren

“Saya tidak sabar untuk mengendarai mobil Gen3 Evo bersama Tim Formula E McLaren bulan depan di Valencia. Saya telah mengasah keterampilan saya di simulator, dan bekerja sama dengan tim sehingga dapat memanfaatkan peluang ini sebaik-baiknya. Saya sangat menantikannya,” ujar perempuan yang di awal 2022 lalu berkompetisi di tes Seri W, Arizona, Amerika Serikat, itu.

Uji coba pramusim Formula E di Valencia itu merupakan pertama kalinya bagi setiap tim yang akan menurunkan setidaknya satu pembalap wanita. Selain Bustamante dan rekan satu timnya (Ella Lloyd) juga ada pembalap wanita lain ykni Chloe Chambers dan Nerea Marti dari tim Andretti.

Catatan rekam jejak Bianca dalam laga balap adalah dia membalap untuk tim Italia Prema Powerteam untuk Kejuaraan Formula 4 UEA 2023. Di musim balap itu Bianca berhasil bertengger di urutan ke-27 dengan mencetak 3 poin dalam 15 balapan. (Jrr/Aa/ berbagai sumber)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id