Januari – September Tahun Ini Penjualan Scania di RI Anjlok 50 Persen Lebih

Logo Scania - dok.Mobilitas

Jakarta, Mobilitas – Anjloknya penjualan kendaraan niaga asal Swedia itu tak hanya dalam penjualan dari pabrik ke dealer (wholesales) saja, tetapi juga dari dealer ke konsumen.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Minggu (20/10/2024) menunjukkan selama sembilan bulan pertama 2024 itu kendaraan merek Scania yang terjual ke dealer (wholesales) sebanyak 298 unit. Jumlah tersebut anjlok hingga 50,3 persen dibanding total penjualan yang dibukukannya pada Januari – September 2023.

Ilustrasi, salah satu varian truk Scania yang dijual di Indonesia – dok.Mobilitas

Sedangkan jumlah kendaraan yang terjual ke konsumen di periode tersebut mencapai 29 unit juga. Namun, kemerosotan atau anjloknya penjualan ritel ini sedikit lebih banyak, yakni 50,5 persen dibanding sembilan pertama 2023.

Sekadar informasi, data berbicara, sepanjang tahun 2023 total penjualan ritel Scania mencapai 715 unit. Jumlah itu meroket dibanding penjualan yang dicetak Scania pada tahun sebelumnya yang sebanyak 233 unit.(Jrr/Aa)

 

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id