Penjualan Mobil VW di RI Januari – September Tahun Ini, Anjlok 60 Persen Lebih

Ilustrasi, Volkswagen T-Cross yang dijual di Indonesia - dok.Mobilitas

Jakarta, Mobilitas – Baik penjualan dari pabrik ke dealer (wholesales) maupun dari dealer ke konsumen (penjualan ritel) mobil Volkswagen (VW) yang dijajakan PT Garuda Mataram Motor (GMM) selama sembilan pertama 2024 anjlok dibanding periode sama di 2023.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Senin (21/10/2024) menunjukkan selama Januari – September tahun ini, total angka wholesales yang diraup VW Indonesia sebanyak 77 unit. Jumlah ini anjlok hingga 65 persen dibanding total wholesales sepanjang sembilan bulan pertama 2023.

Selama bulan Mei saja, total angka wholesales yang diserok VW Indonesia hanya sebanyak 4 unit. Jumlah ini anjlok hingga 88,9 persen dibanding angka wholesales yang berhasip dipetik pada bulan yang sama di tahun 2023.

VW Tiguan Allspace yang dijual di Indonesia oleh PT Garuda Mataram Motor – dok.Mobilitas

Pada saat yang sama, total angka penjualan ritel yang berhasil didulang mobil asal Jerman itu hanya sebanyak 65 unit. Jumlah penjualan ritel mobil VW itu anjlok hingga 69,9 persen dibanding periode Januari – September 2023.

Di bulan September saja, angka penjualan ritel yang berhasil dikantogi VW melalui PT GMM hanya 4 unit. Jumlah penjualan ritel itu anjlok hingga 82,6 persen dibanding penjualan ritel pada bulan yang sama di tahun 2023. (Din/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id