Gayong, Mobilitas – Hyundai Motor Company (Hyundai) meluncurkan konsep mobil listrik hidrogen (FCEV) jenis Sport Utility Vehicle (SUV) anyar yang dinamai Initium.
Keterangan resmi Hyundai Motor yang dirilis melalui laman Hyundai Worlwide dan dikutip Mobilitas di Jakarta, Jumat (1/11/2024) menyebut mobil konsep yang diluncurkan pada acara Hyundai Studio di Gayong (kota di sebelah utara Seoul) pada Kamis (31/10/2024) itu versi produksinya akan diluncurkan pada semester pertama 2025.
Hyundai menegaskan, jarak tempuh FCEV Initium ini lebih jauh dibanding mobil listrik hidrogen Hyundai yang ada saat ini, yakni crossover Hyundai Nexo. “Intium memiliki jarak temouh hingga 650 kilometer (km) dalam sekali isi tangki bahan bakar hidrogen hingga penuh (lebih jauh ketimbang Hyundai Nexo yang 609 km),” tulis Kore Economic Daily.
Menariknya, pernyataan Hyundai yang dikutip Bloomberg menyebut Hyundai initium itu nantinya bisa menjadi pemasok listrik rumah ketika dalam kondisi darurat atau generator (genset). “Dan FCEV Initium ini merupakan SUV (benar-benar SUV) listrik berbahan bakar hidrogen pertama Hyundai (setelah crossover Hyundai Nexo),” tulis media itu.
Sementara itu, Chief Executive Officer Hyundai Jaehoon Chang kepada wartawan mengatakan pihaknya menyadari saat ini permintaaan mobil listrik di dunia tengah melambat. “Tetapi itu hanyalah persoalan waktu. sebelum industri otomotif lebih luas mengadopsi powertrains yang dialiri listrik,” ungkap dia.
Termasuk, lanjut Jaehoon, kendaraan listrik hidrogen (FCEV), yang hingga kini masih dinilai sebagai jenis kendaraan listrik yang menguntungkan. “Tetapi kami akan terus mendorong dan mengembangkannya, karena itu adalah misi kami,” papar dia.
Sedangkan fakta data berbicara, penjualan mobil listrik hidrogen Hyundai – yakni Hyundai Nexo – dalam beberapa tahun terakhir memang babak belur. Data SNE Research yang disitat Mobilitas di Jakarta, Jumat (1/11/2024) menunjukkan, selama semester pertama (Januari – Juni) 2024, jumlah mobil Hyundai (Nexo dan Elec City) yang terjual hanya 1.836 unit, anjlok hingga 42,6 persen dibanding semester pertama 2023.
Sementara, di tahun 2023 (setahun penuh) Hyundai Nexo hanya laku sebanyak 4.709 unit. Jumlah penjualan tersebut ambyar karena merosot hingga 55,9 persen dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 11.179 unit. (Din/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id