Bisnis

Aito: Merek Mobil dengan Lonjakan Penjualan Ritel Tertinggi di Cina, hingga 680 Persen

×

Aito: Merek Mobil dengan Lonjakan Penjualan Ritel Tertinggi di Cina, hingga 680 Persen

Share this article
Huawei Aito M7 - dok.Huawei

Beijing, Mobilitas – Aito merupakan merek mobil Huawei Technologies Company (Huawei) yang produknya dikembangkan mellui kemitraan bersama sejumlah pabrik seperti Chery Automobile, Dongfeng, BAIC Motor, serta Anhui Jianghui Automobile Group.

Kemitraan tersebut dalam kerangka Harmony Intelligent Mobility Alliance (HIMA). Dan dalam HIMA itu Huawei berperan dalam berbagai aspek, termasuk dalm kegiatan mendesain, proses produksi, penjualan, dan layanan purna jual.

Ternyata, mobil hasil produksi kemitraan itu banyak diminati konsumen di dalam negeri Republik Rakyat Cina. Bahkan di periode sembilan bulan pertama atau dari Januari – September 2024 total penjualan aito meroket hingga 60 persen lebih dibanding periode sama di tahun lalu.

Data Asosiasi Pabrikan Mobil Cina (CAAM) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Senin (4/11/1014) memperlihatkan selama tiga kuartal pertama (Januari – September) 2024 itu, Aito meraup ngka penjualan mobilnya ke konsumen (penjualan ritel) sebanyak 288.397 unit.

SUV Aito M9 – dok.Istimewa

Jumlah ini meroket hingga 682,9 persen dibanding total angka penjualan ritel yang diseroknya pada periode sama di tahun 2023.

Fakta berbicara, Aito M7 yang merupakan mobil Aito terlaris di Januari – September itu lalu sebanyak 155.584 unit. Jumlah ini meroket hingga 1.441 persen dibanding total penjualan ritel yang dicetaknya pada periode sama di tahun lalu.

Kemudian Aito M5 di saat yang sama terlego ke konsumen sebanyak 31.169 unit. Jumlah ini melonjak hingga 28,4 persen dibanding sembilan bulan pertama di tahun 2023.

Sedangkan Aito M9 yang merupakan pendatang bau, terjual sebanyak 101.644 unit. Namun jumlah ini belum bisa dibandingkan dengan periode Januari – September 2023, karena saat itu belum dijajakan. (Jrr/Aa)