Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the foxiz-core domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /var/www/vhosts/mobilitas.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 6114

Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the molongui-authorship domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /var/www/vhosts/mobilitas.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 6114
Ini Dia Mobil Listrik Suzuki eVitara, Versi Produksi dari Konsep eVX – Mobilitas.id
Mobil listrik Suzuki eVitara yang merupakan versi produksi dari konsep eVX - dok.Istimewa

Ini Dia Mobil Listrik Suzuki eVitara, Versi Produksi dari Konsep eVX

Arif Arianto
3 Min Read

Milan, Mobilitas – Setelah di Januari 2023 lalu konsepnya – yakni Suzuki eVX- diperkenalkan di India melalui Auto Expo dan Japan Auto Expo 2023, kemudian di Indonesia dan Filipina pada tahun 2024 ini, mobil listrik Suzuki itu akhirnya diluncurkan di Milan, Italia, dengan nama eVitara.

Keterangan resmi Suzuki Motor Corporation melalui situs resmi GlobalSuzuki yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Selasa (5/11/2024) menyebut mobil berkonsep Emotional Versatile Cruiser itu menyuguhkan desain yang memadukan teknologi canggih dengan kekuatan powetrain listrik baterai.

“Sehingga memberikan pengalaman berkendara yang lincah dan tajam, sistem 4WD elektrik Allgrip-e yang tidak hanya memberikan kemampuan offroad tetapi juga performa yang bertenaga,” klaim Suzuki tentang mobil yang diluncurkan Senin (4/11/2024) itu.

Secara garis besar, tampilan mobil berdimensi panjang 4.275 milimeter (mm), lebar 1.800 mm, tinggi 1.635 mm serta jarak sumbu roda 2.700 mm tidak berbed jauh dengan versi konsepnya. Paras depannya khas dengan dominasi lampu utama LED yang dilengkapi lampu Daytime Running Light (DRL) LED.

Tampilan eksteriornya mencuatkan kesan berotot. Terlebih bumper depan terkesan kokoh dengan logo Suzuki yang besar di bagian tengah grill, plus pelapis body berkelir hitam.

Tampilan bagian belakang mobil konsep Suzuki eVX saat dipmaerkan di GIIAS 2024- dok.Mobilitas

Kesan itu semakin kuat dengan hadirnya velg alloy berukurn 19 inci (tipe tertinggi) dan 18 inci untuk varian tipe yang lebih rendah. Itu menjadikan ground clearance eVitara ini mencapai 180 mm.

Untuk sumber tenaganya, Suzuki membekali mobil ini dengan motor listrik eAxle yang mengintegrsikan motor dan inverter berkapasitas 106 kW dengan paket baterai lithium iron-phosphate. Motor ini digunakan oleh dua varian tipe eVitara ini, yaitu varian berpenggerak dua roda (2WD) dan varian berpenggerak semua roda (AWD).

Namun varian 2WD mengusung baterai berkapasitas 49 kWh. Semburan tenaga di varian ini mencapai 128 kW dengan torsi 189 Nm. Tetapi, varian 2WD ini juga ada opsi berbaterai 61 kWh.

Sedangkan varian AWD yang dilengkapi baterai berkapasitas 61 kWh memiliki semburan tenaga hingga 135 kW dengan torsi 300 Nm.
Kabarnya, seperti dilaporkan sejumlah media nasional India, mobil ini mulai diproduksi di pabrik Suzuki yang berada di Gujarat, India, pada musim semi. Setelah itu dijajakan di India, Eropa, Jepang, dan kemudian ke wilayah lainnya. (Din/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id

Share This Article