Ilustrasi, logo Kia - dok.Mobilitas

10 Pabrikan Penjual Mobil Terbanyak di Jerman Januari – Oktober 2024, Ada Toyota dan Kia

Arif Arianto
2 Min Read

Berlin, Mobilitas – Industri otomotif merupakan salah satu penyokong pertumbuhan ekonomi Jerman, dan ikut menjadikan Negeri Panzer itu sebagai negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di Eropa.

Keterangan di laman resmi Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dn Industri Jerman yang disitat Mobilitas di Jakarta, Jumat (8/11/2024) menyebut semua produk otomotif di Jerman harus memenuhi ketentuan standar yang ditetapkan oleh Uni Eropa.  Jerman juga dikenal sebagai kandang dari sejumlah pabrikan otomotif sohor di dunia seperti Mercedes-Benz atau Daimler, BMW, Volkswagen, Porsche, MAN, dan lainnya.

Begitu dengan produk komponen otomotif seperti Bosch, Continental, ZF, juga asli Jerman yang produknya tersebar di dunia. Meski begitu, Jerman msih terbukti bagi pabrikan mobil dari negara lain untuk menanamkan investsi dengan berproduksi di negaranya.

Data Otoritas Transportasi Federal (KBA) Jerman yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Jumat (8/11/2024) menyebut pabrikan asing atau dari negara lain yang menjual atau memproduksi produknya di Jerman tak hanya dari Eropa dn Amerika saja, tetapi juga dari Asia seperti Jepang, Korea, dan bahkan Cina.

Logo VW di grill mobil – dok.Volks Affair

Sementara, sepanjang periode Januari – Oktober tahun 2024 ini, jumlah mobil yang terjual di Jerman (dari berbagai jenis maupun merek asal Eropa, Amerika, dan Asia) mencapai 2.348.069 unit. Jumlah itu menciut 0,43 persen dibanding total penjualan selama periode sm di tahun 2023.

Ada 10 pabrikan atau merek dengan penjualan terbanyak atau terlaris, dimana tiga diantaranya dari Asia yakni Hyundai, Toyota, dan Kia. Berikut data jumlah penjualan mereka.

Volkswagen : 448.22 unit
Meercedes-Benz : 210.911 unit
BMW : 188.814 unit.
Skoda : 172.795 unit
Audi : 168.610 unit
Opel : 126.183 unit
Seat : 90.073 unit
Hyundai : 79.510 unit
Toyota : 76.397 unit
Kia : 58.508 unit.
Sumber : KBA, 2024. (Din/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id

Share This Article